Jumat, 21 Januari 2022

Panglima TNI Ajak Bangsa Indonesia Terapkan Nilai Sila Pertama Pancasila

Panglima TNI Ajak Bangsa Indonesia Terapkan Nilai Sila Pertama Pancasila

Foto: Presidium KAMI , Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta seluruh umat beragama di Indonesia untuk tetap saling menghormati. Menurutnya, saling menghormati antar umat beragama merupakan wujud pengamalan Pancasila terutama sila pertama.

Banner Iklan Swamedium

“Cara beragama di Indonesia ini sudah ditetapkan Pancasila, kita menghargai semuanya, yaitu Berketuhanan Yang Maha Esa,” kata Gatot, di workshop Peneguhan Pancasila Bagi Aparatur Sipil Negara di Hotel Novotel Jalan Sahari, Jakarta, Rabu (31/5) pagi.

Gatot menjelaskan, adanya perbedaan agama di Indonesia harus dipandang sebagai suatu anugerah keberagaman. Oleh karena itu, lanjut Gatot, masyarakat seharusnya saling menghormati untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

“Bila tidak ada Islam bukan Indonesia, bila tidak ada Kristen bukan Indonesia, bila tidak ada Katolik bukan Indonesia, bila tidak ada Hindu bukan Indonesia, bila tidak ada Budha bukan Indonesia, bila tidak ada Konghucu bukan Indonesia. Itulah Indonesia kita, ini harus kita jaga,” ujar Gatot.

Dalam kesempatan itu, Gatot juga meminta para ulama serta tokoh agama untuk menyerukan persatuan demi mempertahankan keutuhan Indonesia.

“Ulama dan tokoh agama punya peranan penting sebagaimana dahulu turut andil dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan NKRI,” ucapnya.

Gatot mengingatkan peserta workshop dengan peristiwa bersejarah pada 10 November 1945 di Surabaya. Saat itu TNI sempat bingung dalam menghadapi kedatangan pasukan Inggris. Kemudian TNI berkonsultasi dengan Presiden, dan Presiden meminta kepada ulama untuk mengeluarkan fatwa berjihad. Dari fatwa jihad itu, akhirnya banyak masyarakat turun membantu TNI untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Tokoh alim ulama itu sangat berpengaruh bagi umatnya,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita