Jumat, 21 Januari 2022

Usai Temui Jaksa Agung, Mendagri Jelaskan Nasib Ahok

Usai Temui Jaksa Agung, Mendagri Jelaskan Nasib Ahok

Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pemberhentian terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama sudah memasuki babak final. Artinya, pemberhentian Ahok bisa segera diproses tanpa harus menunggu permohonan banding dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Banner Iklan Swamedium

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo usai berkomunikasi dengan Jaksa Agung HM Prasetyo, Senin (29/5) lalu.

“Berdasarkan hasil pembicaraan saya dengan Jaksa Agung pada Senin (29/5), mundurnya Ahok sekaligus tidak adanya upaya pengajuan banding pada prinsipnya sudah memenuhi ketentuan keputusan hukum final. Tidak harus menanti apakah JPU akan banding atau tidak,” jelas Tjahjo melalui rilisnya di Jakarta.

Untuk itu, Kemendagri, lanjut Tjahjo, dapat segera meminta DPRD DKI Jakarta melaksanakan sidang paripurna yang membahas keputusan surat pengunduran diri Ahok.

Keputusan itu kata Tjahjo akan disampaikan kepada Mensesneg sebagai dasar penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) untuk pemberhentian tetap terhadap Ahok. Menurutnya, Keppres itu juga akan menjadi rujukan pengangkatan Plt Gubernur DKI menjadi Gubernur DKI definitif.

“Keppres juga akan menjadi rujukan pengangkatan Plt Gubernur Djarot Syaiful Hidayat sebagai Gubernur DKI Jakarta,” jelas politisi PDIP itu.

Sementara itu, rapat paripurna istimewa DPRD DKI untuk penetapan pemberhentian Ahok dan mengusulkan pelantikan Plt Gubernur DKI menjadi Gubernur DKI definitif akan digelar hari ini, Rabu (31/5).

Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, Selasa (30/5) kemarin mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan rapat paripurna istimewa.

“Sudah siap, tinggal menunggu (kesiapan) pak Prasetio (Ketua DPRD DKI),” ujar M Taufik. (ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita