Jumat, 21 Januari 2022

Google Ciptakan Istio, Aplikasi untuk Atur dan Amankan “Microservice”

Google Ciptakan Istio, Aplikasi untuk Atur dan Amankan “Microservice”

Foto : Dashboard pada Istio (techcrush)

New York, Swamedium.com – Microservice merupakan salah satu komponen yang disertakan pada aplikasi dan berkomunikasi melalui API, dan beberapa pengembang aplikasi memilih untuk menggunakan Microservice pada aplikasi buatannya.

Banner Iklan Swamedium

Tapi bagaimana cara mengaturnya? Google bersama IBM dan Lift menciptakan Istio guna mengatur dan mengamankan Microservice ini.

Diluncurkan pada Rabu (24/5) kemarin melalui IBM, Istio ini bersifat sumber terbuka dan dapat membuat layanan pada jaringan pengembang dengan menyertakan alat untuk load-balancing (mengimbangi-muatan -red), autentikasi layanan-ke-layanan, pemantauan dan lainnya.
Semuanya bisa dilakukan oleh pengembang aplikasi tanpa harus merubah kode dari aplikasi yang sedang dikembangkan. Karena Istio berada pada layer (lapisan -red) jaringan dan dapat mencegah dari adanya interupsi yang mengganggu karena menggunakan proxy tersendiri.

Foto : Prinsip kerja dari Istio (IBM)

Istio menawarkan kemudahan bagi para pengembang aplikasi dengan sebuah layanan pada prinsip kerja topologi mesh sehingga memungkinkan untuk melakukan monitoring service dan mengimplementasikan load-balancing (mengimbangi-muatan -red),flow-control (mengendalikan lajur -red) dan pengamanan pada aplikasi yang berjalan meskipun aplikasi tersebut sedang menggunakan jariang yang tidak stabil.(*/rk)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita