Jumat, 21 Januari 2022

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Temukan 79 Kasus Kecurangan Distribusi

Jelang Ramadan, Satgas Pangan Temukan 79 Kasus Kecurangan Distribusi

Jakarta, Swamedium.com – Menjelang Ramadan tahun ini, sebanyak 79 kasus penimbunan dan kecurangan pada distribusi bahan pangan telah terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Menurut Satuan Tugas (Satgas) Pangan, kondisi ini yang membuat harga pangan bergejolak.

Banner Iklan Swamedium

Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, dalam sebulan terakhir, pihaknya melakukan pengawasan terhadap komoditas pangan mulai dari tingkat importir hingga distributor. Hasilnya, antara lain ditemukan adanya aksi penimbunan bawang putih yang sempat menimbulkan lonjakan harga komoditas pangan tersebut.

“Kasus penimbunan bawang putih yang berhasil diungkap oleh Satgas Pangan antara lain terjadi di Jakarta sebanyak 182 ton, Medan sebanyak 60 ton, dan Surabaya sekitar 30 ton,” ujar Setyo di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta yang dikutip cnnindonesia.com.

Menurut Setyo, para oknum penimbun ini akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Pasalnya, aksi tersebut melanggar Undang-Undang (UU) Perlindungan Konsumen dan berujung pada hukuman pidana.

“Sanksinya banyak, bisa dikenakan di Undang-Undang Perlindungan Konsumen, bisa jadi pidana yang terberat pastinya. Masalah pangan ini nggak main-main. Kami sampaikan kepada masyarakat bahwa pasokan dan harga itu menjadi concern pemerintah,” jelasnya.

Selain penimbunan, aksi lain yang marak terjadi pada Ramadan ini, yakni pengoplosan bahan pangan. Namun, Setyo masih enggan menjelaskan secara lebih lanjut bahan pangan seperti apa yang dioplos maupun modusnya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan mencabut izin impor dari importir yang terbukti melakukan penimbunan bahan pokok menjelang lebaran.

“Yang pasti begitu ada temuan, atau menuju langkah hukum, kami Kemendag bekukan dulu izin. Begitu dalam prosesnya, kami bisa cabut izin,” tegas dia.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita