Jumat, 21 Januari 2022

Pegawai BPK Tersangka Kasus Suap Opini WTP Terancam Tak Dapat Gaji Ke-13 dan THR

Pegawai BPK Tersangka Kasus Suap Opini WTP Terancam Tak Dapat Gaji Ke-13 dan THR

Jakarta, Swamedium.com – Tak hanya ancaman pidana, pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kementerian Desa yang tersandung kasus suap dugaan pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kementerian PDTT 2016 juga diancam tidak mendapatkan hak gaji ke-13 dan THR.

Banner Iklan Swamedium

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memastikan tidak memberikan hak gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya atau gaji ke-14 kepada pegawai BPK dan Kementerian Desa yang tersandung kasus suap dugaan pemberian opini WTP terhadap laporan keuangan Kementerian PDTT 2016.

“Sepanjang dia belum diberhentikan dan masih berstatus praduga tak bersalah, hak (gaji ke-13 dan THR) masih diberikan. Tapi jika sudah status tersangka dan diberhentikan, PNS sudah dipastikan tidak menerima haknya,” tegas Asman, di Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis (1/6) yang dikutip okezone.

KPK telah menetapkan 4 orang tersangka pasca-Operasi Tangkap Tangan (OTT). Mereka adalah Irjen Kemendes PDTT Sugito, Eselon III Kemendes Jarot Budi Prabowo, Auditor BPK Rochmadi Sapto Giti, dan Ali Sadli.

Dalam kasusnya, Sugito diduga menyuap Rochmadi Sapto dan Ali Sadli lewat Jarot Budi Prabowo. Keempat tersangka tersebut saat ini sudah ditahan di penjara yang berbeda-beda lokasinya.

Terkait gaji ke-13 dan THR, Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran belanja untuk gaji 13 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan THR sebesar Rp23 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, alokasi anggaran ini telah dicanangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

“Total keseluruhan belanja gaji 13 dan THR Rp23 triliun, itu sudah dalam UU APBN 2017. Jadi sudah dibahas dewan, sudah dialokasikan tinggal pelaksanaannya,” ujarnya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita