Jumat, 21 Januari 2022

Peluang Usaha Sebagai ‘Internet Marketer’

Peluang Usaha Sebagai ‘Internet Marketer’

Jakarta, Swamedium – Seiring dengan perkembangan teknologi, cara memasarkan produk/jasa secara konvensional mulai beralih ke sistem online. Karena itu, muncul profesi baru, yaitu sebagai Internet marketer atau online marketer.Profesi baru ini sangat menjanjikan dari segi penghasilan maupun fleksibilitas waktu kerja.

Banner Iklan Swamedium

Anak muda atau Generasi Milineal yang lahir di tahun 1980-an-2000 sangat antusias dengan profesi ini sebab mereka memang lebih melek dengan teknologi berbasis Internet.

Internet marketer atau yang sering disebut IM atau IMers menjadi salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang diminati saat ini. Hal ini tidak lepas dari peluang yang begitu besar dalam hal mendapatkan pendapatkan dari menjadi seorang online marketer. Selain itu, kita bisa bekerja dimana saja, sehingga lebih menyenangkan karena lebih fleksibel dalam waktu, tempat kerja dan tentu saja penghasilan.

Internet telah membuat jarak antar tempat, bahkan negara bukan masalah lagi. Karena itu, bisnis berbasis internet atau Ecommerce berkembang pesat. Bayangkan, jutaan orang diberbagai belahan dunia saat ini menggunakan gadget yang bisa browsing Internet. Belanja online juga menjadi hobi baru mereka karena praktis. Makanya, bermunculanlah milyade dari para pebisnis online.

Lantas apa saja yang dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai online marketer. Pemasar ini sama-sama menjual produk atau jasa tetapi media memasarkannya melalui Internet. Pemasar jenis ini tak lagi menggunakan cara door to door, pasang iklan di media cetak atau menjajakan barangnya di tempat-tempat keramaian. Dia cukup mempromosikan produknya secara online melalui situs atau website serta media sosial.

Beberapa istilah dibawah ini adalah jenis dari bisnis Internet marketing.

Publisher

Sebagai seorang publisher, ia harus membuat sebuah situs yang menarik banyak orang. Di situs tersebut, akan ada iklan yang dipasang di halaman situs. Semakin banyak yang meng klik iklan, maka pendapatan seorang publisher akan semakin tinggi. Konsepnya seperti itu.
Yang paling terkenal hingga saat ini adalah publisher Google Adsense. Pasalnya, Google Adsense memberikan pendapatan yang tinggi untuk setiap publisher yang memiliki situs dengan trafik yang banyak.

Affiliate

Bisnis affiliate ini berbeda dengan publisher. Tugas Anda sebagai affiliater hanyalah memasukkan link tertentu sehingga pembaca tertarik untuk meng klik dan akhirnya membeli sebuah jasa atau produk yang ditawarkan. Jadi, bisa dikatakan seorang affiliater adalah seseorang yang mempromosikan sebuah situs yang menawarkan sebuah produk atau jasa.

Biasanya, seorang affiliate akan membuat konten entah itu berbentuk artikel atau video yang mereview sebuah produk atau jasa. Jika ada pembaca yang akhirnya membeli produk atau mengambil jasa tersebut, maka affiliater akan mendapatkan komisi.
Email Marketing

Bisa dikatakan ini adalah jenis online marketing yang paling tua. Sebelum adanya model marketing online seperti saat ini dengan memanfaatkan search engine dan juga social media, email marketing menjadi strategi marketing yang dahsyat. Namun, dengan adanya strategi online marketing yang baru muncul seperti saat ini, bukan berarti email marketing sudah tidak efektif lagi. Terbukti perusahaan online besar saja masih menggunakan strategi ini.

Pada dasarnya, seseorang yang menjalankan usaha email marketing membantu para pemilik usaha, perusahaan, atau pihak mana saja yang ingin melakukan pemasaran. Dengan demikian, perusahaan akan semakin terkenal dan diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan semakin banyak diminati.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis bisnis online marketing lainnya. Yang pasti, peluang usaha seperti ini sangat tepat untuk Anda coba ditengah kebiasaan masyarakat menggunakan fasilitas internet dan perubahaan perilaku mereka dengan tidak lagi ragu bertransaksi secara online.

Tips Usaha Online Marketer

Setiap usaha, pasti ada peluang untuk gagal atau berhasil, termasuk menjadi seorang internet marketer. Ada beberapa tips agar meminimalisir kegagalan dalam menjalankan bisnis sebagai internet marketer.

Pelajari Bisnis Ini Ke Ahlinya

Anda harus tahu banyak sekali orang yang tertarik menjalani bisnis online sebagai internet marketer. Bisnis ini ada yang dijadikan sebagai bisnis utama dan tidak sedikit juga yang dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Oleh sebab itu, bertebaran kursus bisnis online marketing. Akan sangat tepat jika Anda menginvestasikan uang, waktu, dan juga tenaga dengan mengikuti kursus internet marketing yang terpercaya. Tidak perlu melirik kursus lainnya. Pilih salah satu saja dan benar-benar pelajari tentang internet marketing.

Tentukan Jenis Bisnis Online Yang Ditekuni

Sebagian besar internet markter gagal karena satu hal yang ini, yaitu mereka tidak menjalankan salah satu bisnis saja. Setelah menjalani bisnis publisher dan tidak menghasilkan seperti yang ia bayangkan, ia langsung pindah menjalankan bisnis lainnya seperti affiliate, reseller, dan lain sebagainya.

Ambil Tindakan/Action

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda hanya perlu ikut satu kursus yang terpercaya. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalan praktek. Action menjadi kunci utamanya. Pada kenyataannya, banyak sekali Imers yang terlalu banyak mengambil kursus, membeli ebook yang harganya tidaklah murah, dan bahkan mengikuti forum-forum. Mereka terlalu banyak belajar dan lupa praktek. Action menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang internet marketer.

Fokus

Setelah Anda kursus dan tahu bagaimana cara kerja online marketing seperti optimasi SEO Onpage dan Offpage, FB ads, dan lain sebagainya, Anda hanya perlu menentukan jenis bisnis online apa yang akan Anda lakukan.

Tetapkan dan fokus hingga Anda berhasil. Anda tidak boleh tergiur dengan jenis bisnis lainnya yang terlihat lebih mudah dan lebih profitable. Karena pada kenyataannya tidak ada jenis bisnis apapun tak terkecuali online marketing yang tidak membutuhkan fokus.

Setelah Anda tahu peluang usaha menjadi seorang online marketer, apakah Anda tertarik untuk menjalani bisnis yang satu ini? (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita