Jumat, 21 Januari 2022

Mudik Gratis 2017, Kemenhub Siap Antar 64.900 Pemudik

Mudik Gratis 2017, Kemenhub Siap Antar 64.900 Pemudik

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini menyiapkan program mudik gratis untuk meminimalisir pengguna motor saat arus mudik dengan menyiapkan 8.510 kuota untuk sepeda motor dan 64.900 pemudik yang akan diantar pulang kampung.

Banner Iklan Swamedium

“Pada tahun ini, kami juga mengadakan mudik gratis menggunakan kapal dari Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di Galeri Nasional seperti dikutip Viva.co.id, Jumat (2/6).

Selain menyiapkan mudik gratis, Kemenhub. memastikan kesiapan sarana dan prasarana transportasi umum untuk arus mudik 2017. Salah satunya yaitu pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check yang sudah mencapai 80 persen.

“Kami sudah mempersiapkan angkutan moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api. Kita sudah melakukan ramp check, sudah 80 persen. Hingga H-10, itu terus kami lakukan,” jelas dia.

Menurutnya, pemeriksaan itu melingkupi angkutan lebaran di 48 terminal bus utama, 35 bandara, 52 pelabuhan, tujuh lintasan penyeberangan, sembilan daerah operasi perkeretaapian di Jawa, dan tiga divisi regional perkeretaapian di Sumatera.

Selain ramp check, kata Pudji, pihaknya juga memberikan pengawasan ketat pada sumber daya manusia sebagai operator pemudik.

“Sebelum berangkat, pengemudi sebagai operator dilakukan pembinaan terhadap mereka supaya tidak terjadi kecelakaan saat melakukan tugas,” tegasnya.(maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita