Jumat, 21 Januari 2022

Insiden Serangan di “London Bridge”, 9 Orang Tewas

Insiden Serangan di “London Bridge”, 9 Orang Tewas

Foto: Seorang diduga pelaku penyerangan di London Bridge dilumpuhkan polisi setempat. (ist)

London, Swamedium.com — Sebuah mobil menabrak para pejalan kaki di London Bridge, Sabtu (3/6) malam waktu setempat. Mobil itu terus melaju dan menuju Pasar Borough hingga seorang keluar dari dalamnya dan melakukan penusukan.

Banner Iklan Swamedium

Seperti dilansir The Guardian, enam orang tewas dalam serangan di dua wilayah yang berdekatan tersebut. Tiga orang yang diduga tersangka penyerang juga telah ditembak mati oleh pihak kepolisian setempat.

Selain korban tewas, disebutkan terdapat sejumlah korban luka-luka. Setidaknya 20 orang dilarikan Unit Ambulans Kota London ke enam rumah sakit di kota London, dua di antaranya adalah rumah sakit NHS Foundation Guy dan St Thomas.

Seorang saksi di London Bridge melaporkan melihat sebuah mobil berjenis van menaiki trotoar dan menabrak pejalan kaki dan terlihat juga ada seorang pria sambil memegang pisau sembari berjalan.

“Ada sebuah van yang menabrak pagar di London Bridge dan kemudian ada seorang pria dengan pisau, dia berlari, dia turun dari tangga dan pergi ke bar,” kata Dee seperti dikutip The Guardian.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May menyebut insiden tersebut sebagai “tindakan terorisme yang potensial.” Pihaknya akan mengadakan pertemuan darurat pasca insiden.

Serangan tersebut terjadi hanya beberapa hari menjelang pemilihan umum pada 8 Juni 2017. Sebelumnya, kurang dari dua pekan terjadi serangan bom di sebuah konser di Manchester yang menewaskan 22 orang.

Insiden ini juga mengingatkan pada serangan di Westminster Bridge, London bulan Maret lalu, saat itu 5 orang terbunuh dan lebih dari 50 orang terluka. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita