Jumat, 21 Januari 2022

Madrid Pertahankan Juara Liga Champion Sekaligus Meraih Gelar ke-12

Madrid Pertahankan Juara Liga Champion Sekaligus Meraih Gelar ke-12

Foto : Kemenangan Real Madrid 4 -1 atas Juventus, membawa tim ini menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar sekaligus meraih gelar ke-12 di ajang Liga Champions. (ist)

Cardif, Swamedium.com – Kemenangan Real Madrid 4 -1 atas Juventus  di laga final yang berlangsung Minggu (4/6) dini hari WIB, membawa tim ini menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar sekaligus meraih gelar ke-12 di ajang Liga Champions.

Banner Iklan Swamedium

Meski di menit-menit awal Juventus mampu tampil lebih mendominasi pada laga puncak yang berlangsung di the National Stadium of Wales, Cardif ini, namun situsi berubah di babak ke dua

Tim asuhan Massimiliano Allegri itu mampu mengancam lebih dulu saat laga baru memasuki menit keempat. Juve berhasil melepaskan tembakan pertama ke arah gawang Real Madrid. Namun tendangan Gonzalo Higuain dari luar kotak penalti masih bisa diamankan sang kiper Keylor Navas.

Memasuki menit ketujuh, giliran Miralem Pjanic melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi Navas masih bisa menepisnya.

Meski sempat mendominasi, Juventus justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-20. Berawal dari kerja sama tim yang bagus, Dani Carvajal mendapat ruang untuk melepaskan umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti Juve.

Bola kemudian langsung disambut tendangan Cristiano Ronaldo yang gagal diblok Leonardo Bonucci dan tak dapat dijangkau oleh sang kiper Gianluigi Buffon, skor berubah 1-0 untuk Real Madrid.

Gol itu adalah yang ke-11 bagi Ronaldo di ajang Liga Champions musim ini. Gol tersebut juga membuat bintang asal Portugal itu kini tercatat sebagai pemain kedua yang sukses mencetak gol di tiga laga final berbeda setelah legenda Real Madrid Afredo Di Stefano.

Selain itu, gol tersebut merupakan yang ke-500 bagi Real Madrid sepanjang sejarah Liga Champions. Mereka menjadi tim pertama yang mampu meraih pencapaian tersebut.

Setelah gol tersebut Juve langsung mencoba balik menggempur untuk menyamakan kedudukan. Setelah sempat beberapa kali di blok para bek Real Madrid, upaya mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-27.

Berawal dari umpan panjang Pjanic ke arah Alex Sandro di sisi kiri, bola kemudian langsung bek asal Brasil itu arahkan ke kotak penalti. Di kotak penalti Gonzalo Higuain kemudian memberikan umpan pada Mario Mandzukic. Penyerang asal Kroasia itu kemudian mengontrol bola menggunakan dadanya sebelum melepaskan tendangan salto yang fantastis meski dikawal dua pemain Madrid.

Gol tersebut membuat Mandzukic tercatat sebagai pemain keenam yang mampu mencetak gol di dua laga final Liga Champions berbeda. Sebelumnya ia sudah pernah mencetak gol di laga puncak saat masih membela Bayern Munich pada 2013.

Kedua tim kemudian saling berbalas serangan namun upaya mereka lebih sering berhasil di blok oleh para pemain bertahan. Skor pun tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama usai.

Di awal babak kedua Real Madrid lebih banyak menguasai bola dan mengurung pertahanan Juve. Memasuki menit ke-54 Los Blancos mengancam lewat tendangan keras Luka Modric dari luar kotak penalti, tapi Buffon mampu menangkap bola hasil tendangan tersebut.

Di babak ke dua Madrid lebih unggul saat laga memasuki menit ke-61. Berawal dari tendangan Toni Kroos yang berhasil di blok, bola liar kemudian disambut tendangan first time Casemiro dari jarak sekitar 30 meter. Bola sempat mengenai Sami Khedira sehingga sulit dijangkau oleh Buffon.

Tiga menit berselang Madrid berhasil menambah keunggulannya. Modric berhasil mencuri bola dengan cepat dan bekerja sama dengan Carvajal sebelum melepaskan umpan silang yang kemudian disambut oleh sontekan Ronaldo yang berbuah gol keduanya laga ini.

Juventus sempat mendapat peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83. Namun sundulan Alex Sandro yang memanfaatkan tendangan bebas Dani Alves masih melebar dari gawang Madrid.

Upaya Juve untuk mengejar ketertinggalan semakin berat setelah mereka harus bermain dengan sepuluh orang. Juan Cuadrado diusir oleh wasit usai berduel dengan Sergio Ramos, ia mendapatkan kartu kuning keduanya pada menit ke-84. Pemain asal Kolombia itu pun kini tercatat sebagai pemain ketiga yang pernah mendapatkan kartu merah di laga final Liga Champions.

Impian Juve meraih treble musim ini musnah sementara Madrid berhasil menciptakan sejarah sebagai tim yang sukses mempertahankan gelar juara Liga Champions setelah Marco Asensio sukses mencetak gol keempat Los Blancos di laga ini setelah memanfaatkan umpan Marcelo yang sukses menembus sisi kanan pertahanan Juve.

Dengan demikian Juventus belum bisa memperbaiki rekor buruk mereka di laga final Liga Champions. Kini mereka tercatat sudah tujuh kali gagal di partai puncak.  (*/Wisja)

Banner Iklan Swamedium

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita