Jumat, 21 Januari 2022

Persiapan Mudik, BI Uji Coba Pembayaran Tol Non Tunai

Persiapan Mudik, BI Uji Coba Pembayaran Tol Non Tunai

Foto: Tol Palimanan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Dukung kelancaran arus mudik Lebaran, Bank Indonesia (BI) akan menguji coba pembayaran nontunai dengan uang elektronik di seluruh ruas jalan tol di Pulau Jawa. Semua kartu elektronik dari berbagai bank diharapkan bisa digunakan di seluruh tol.

Banner Iklan Swamedium

Direktur Departemen Pengawasan dan Kebijakan Sistem Pembayaran BI Pungky Wibowo menyatakan uji coba pembayaran nontunai sudah dilakukan di ruas tol Cipali cluster I, cluster II serta Waru Surabaya. Nantinya, diharapkan semua kartu elektronik dari berbagai bank dapat digunakan di seluruh tol.

“Jadi nanti pas uji coba, semua produk uang elektronik dari berbagai bank bisa digunakan di mesin pembaca, termasuk uang elektronik dari bank yang selama ini belum ada di jalan tol. Bank Nobu dan Bank DKI akan diuji coba,” jelasnya di Jakarta seperti dikutip republika, di akhir pekan ini.

Beberapa bank yang sudah merambah bisnis uang elektronik di jalan tol meliputi Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Central Asia (BCA). Menurutnya, hal itu merupakan awal dari National Payment Gateway (NPG).

BI meminta bank memperbanyak gerai penjualan uang elektronik. Hal itu termasuk tempat pengisian saldo (top up). “Jadi bank harus ikut mendorong,” kata Pungky.

Dia mengatakan untuk top up bank belum boleh mengenakan komisi (fee) kepada nasabah sebelum diterbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai itu. Uji integrasi uang elektronik merupakan tahap awal dari penerapan menyeluruh di 35 ruas jalan tol di Indonesia pada Oktober 2017. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita