Jumat, 21 Januari 2022

Inilah Hasil Pertemuan Tim Amien Rais dengan KPK

Inilah Hasil Pertemuan Tim Amien Rais dengan KPK

Foto: Politikus PAN Dradjad Wibowo dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah usai pertemuan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengoreksi kinerja para jaksanya.

Banner Iklan Swamedium

Permintaan itu disampaikan Dradjad terkait penyebutan nama Amien Rais dalam surat tuntutan Jaksa KPK terhadap Siti Fadilah Supari, terdakwa korupsi alat kesehatan (alkes) tahun 2005. Dalam surat tuntutan itu, menyebut nama Amien menerima uang Rp600 juta dari pengadaan alkes.

“Jadi saya sampaikan ke Mas Febri (Juru Bicara KPK Febri Diansyah), kami berharap ada evaluasi internal di KPK, apakah pihak jaksa sudah bertindak profesional,” kata Dradjad di depan gedung KPK, Jakarta, Senin (5/6).

Dalam kesempatan itu, Dradjad juga kembali menegaskan, bahwa setahu Amien, uang yang diterima itu berasal dari Soetrisno Bachir. Sedangkan Soetrisno menyebut uang untuk Amien tak ada kaitannya dengan proyek alkes.

Dradjad yang juga mantan wakil ketua umum PAN mendatangi KPK bersama anggota DPR Saleh Partaonan Daulay dan Hanafi Rais. Tujuannya adalah mewakili Amien yang sedianya menemui pimpinan KPK untuk mengklarifikasi tuduhan soal penerimaan uang alkes.

Ketika ditanya apakah KPK sudah bekerja secara profesional karena sudah menyebut nama Amien Rais dalam tuntutannya padahal Amien sendiri belum pernah diperiksa, Dradjad menanggapi dirinya tidak mau menjustifikasi KPK tidak profesional, namun dirinya tetap mempercayai KPK.

“Saya enggak tahu, saya enggak bisa memberikan judgement mereka profesional atau tidak. Tapi kami percaya pada KPK, saya pribadi percaya pada KPK 100 persen,” tegasnya seperti dikutip JPNN.

Meski begitu, Dradjad sekali lagi menegaskan bahwa KPK harus mengevaluasi kinerja jaksa-jaksanya.

“Kalau jaksa tidak sesuai dengan prosedur KPK, mungkin perlu dievaluasi apakah prosedur KPK ini sudah prosedur yang terbaik atau tidak,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita