Kamis, 20 Januari 2022

Sering Pusing Kepala Saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Sering Pusing Kepala Saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Jakarta, Swamedium.com – Ada sebagian orang yang mengaku kepalanya sering pusing saat berpuasa. Gejala itu bisa datang secara tiba-tiba, sehingga cukup membingungkan bagi penderitanya.

Banner Iklan Swamedium

Dalam istilah medis, pusing ini berbeda dengan sakit kepala. Pusing adalah sensasi rasa berputar yang terjadi baik saat membuka maupun memejamkan mata. Anda dapat merasa limbung, bahkan seperti mau pingsan. Kondisi ini disebut sebagai vertigo.

Meski gejalanya berbeda, umumnya penyebab pusing, tak terkecuali pada saat berpuasa mirip dengan sakit kepala. Pencetus pusing paling sering saat berpuasa adalah rendahnya kadar gula darah akibat asupan nutrisi yang mungkin tidak seimbang saat berpuasa.

Bagaimana jika rasa pusing datang tiba-tiba? Biasanya ini terjadi saat perubahan posisi mendadak, misalnya dari duduk ke berdiri. Bila Anda mengalaminya, klikdokter.com memberikan tips-tips berikut ini:

• Hentikan pergerakan sejenak

Untuk menghindari jatuh karena pusing yang tiba-tiba, berpeganganlah pada benda kokoh di sekitar Anda seperti dinding atau kursi. Hentikan sejenak pergerakan sampai rasa pusing mereda, lalu lanjutkan aktivitas.

• Hindari panas

Pusing dapat juga muncul karena paparan sinar matahari dan udara panas. Karena itu, saat berpuasa, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung atau berada di bawah matahari terlalu lama.

• Sesuaikan lingkungan

Pada sebagian penderita vertigo, gejala dapat diredakan dengan mengatur lingkungan sedemikian rupa. Coba redupkan lampu dan hindari suara bising. Duduklah sebentar di ruangan dengan aliran udara yang sejuk untuk membantu meredakan pusing.

• Istirahat

Jika cara di atas belum berhasil meredakan pusing, coba pejamkan mata dan tidur sejenak. Jika Anda dalam posisi sedang beraktivitas, hindari tidur terlalu lama karena dapat memicu keluhan yang lebih parah saat bangun; tidur sekitar 15-30 menit juga sudah cukup.

Bagi penderita vertigo, sebaiknya diskusikan rencana puasa Anda dengan dokter spesialis saraf sebelum memasuki bulan Ramadan. Hal ini untuk mengetahui kemampuan Anda berpuasa dan adakah pengobatan khusus yang perlu dijalani agar ibadah tidak terganggu.

Segera hubungi dokter jika pusing hebat menyerang saat berpuasa dan tidak dapat dikendalikan dengan cara-cara di atas, atau dengan obat rutin yang biasa Anda konsumsi. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita