Minggu, 29 November 2020

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM akan Keluarkan Rekomendasi dan Temui MPR

Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM akan Keluarkan Rekomendasi dan Temui MPR

Foto: Komnas HAM akan mengeluarkan rekomendasi terkait kasus dugaan kriminalisasi ulama. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Komisioner Komnas HAM Siane Indriani mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan rekomendasi terkait kasus dugaan kriminalisasi dan penangkapan terhadap 22 ulama dan aktivis. Hal itu disampaikan dalam mediasi dengan Presidium Alumni 212.

Dalam penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM, Siane mengungkapkan, adanya dugaan pelanggaran hak asasi dan penyalahgunaan kekuasaan dalam penangkapan-penangkapan tersebut.

Siane juga mengatakan, pihaknya akan menyerahkan rekomendasi itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah lebaran.

“Kalau kita lihat satu-satu, ditemukan indikasi pelanggaran HAM, abuse of power, ini tinggal kami rapikan saja,” kata Siane di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (16/6).

Sebelumnya, Komnas HAM juga telah membawa persoalan ini ke Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Saat bertemu Menhan, kata Siane, Ryamizard berjanji akan menyampaikan kegelisahan sebagian masyarakat ini kepada Jokowi.

“Pak Menhan menerima dan akan mencoba menyampaikan kepada presiden,” lanjut dia.

Tak hanya itu, Komnas HAM juga akan melakukan upaya politik ke Senayan. Dalam waktu tidak lama lagi, lanjut Siane, pihaknya akan menemui Ketua MPR Zulkifli Hasan untuk membicarakan solusi masalah ini.

“Kita akan datang ke Ketua MPR. Karena kita melihat secara faktual ada hal-hal yang berlebihan dalam SOP (penangkapan) itu,” tutur Siane. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.