Sabtu, 28 November 2020

Pengembang Benahi Skala Monitor untuk Desktop GNOME

Pengembang Benahi Skala Monitor untuk Desktop GNOME

Foto : Kegiatan GNOME Fractional Hackfest (Marco Trevisan)

Taipei, Swamedium.com — Seorang mantan teknisi perangkat lunak dari tim pengembangan desktop Unity, Marco Trevisan bersama seorang teknisi perangkat lunak dari Redhat, Jonas Ådahl hadiri acara GNOME Fractional Scaling Hackfest di Canonical cabang Taipei Ahad (4/6) lalu.

Acara tersebut yang disponsori oleh Canonical ini diadakan bertujuan untuk membenahi GNOME Shell pada rentang skala DPI monitor tertentu. Karena menurut tim desktop GNOME mengatakan ingin menambahkan dukungan nilai penskalaan DPI monitor yang berbeda dari sebelumnya dalam menggunakan mutter dan gnome shell, dengan menaikkan nilai skala pada widget dan kemudian menurunkan skala ke nilai yang diminta saat melakukan komposisi pada desktop.

Hasil yang didapatkan setelah bekerja hingga hari Sabtu (10/6) lalu seperti yang diungkapkan oleh Trevisan mengatakan, kompositor Mutter dapat melakukan skala DPI monitor hingga kurang dari 1.0. Sehingga Mutter dapat mendukung nilai dari skala DPI lebih banyak dari sebelumnya. Akibat dari penambahan skala DPI monitor tersebut, terjadi perubahan algoritma pada komponen gnome-settings-daemon.

Acara tersebut juga dihadiri oleh teknisi perangkat lunak lokal, Shih-Yuan Lee dari Canonial cabang Taipei yang membenahi masalah skala thumbnail pada workspace di GNOME Shell.

“Ini adalah acara besar, dan kami telah mendiskusikan banyak hal, tapi hal yang pertama (diketahui) adalah saya bisa lebih mengenal siapa yang telah menulis sebagian besar kode GNOME yang memang membantu (perkembangan dekstop GNOME). Masih banyak hal yang harus dilakukan, tapi kami mendekati kepada sebuah tujuan yaitu memungkinkan setiap orang mendapatkan skala (DPI) monitor yang berbeda dengan beberapa nilai.” pungkas Trevisan.(rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.