Sabtu, 28 November 2020

MUI: Jangan Halangi, Kumandangkan Takbir Dimanapun Berada

MUI: Jangan Halangi, Kumandangkan Takbir Dimanapun Berada

Foto: Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta Aparat untuk menjamin keamanan kegiatan ibadah, termasuk takbir keliling.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyebutkan dalam keterangan tertulisnya soal hukum takbir keliling.

“Takbir di malam idul fitri hukumnya sunnah bagi setiap muslim. Takbir dapat dilaksanakan dengan sendiri atau berjamaah, dapat dilaksanakan di rumah, di masjid, di mushalla, juga di jalan. Bisa dilaksanakan dengan duduk berdiam diri, jalan, atau dengan berkendara, baik darat, laut maupun udara,” ujar Asrorun di Jakarta, Jumat (23/6).

Untuk itu, MUI mengimbau kepada seluruh umat Islam untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan syiar kumandang takbir, tahmid, dan tahlil, di manapun berada. Serta menyemarakkan masjid, mushalla, rumah, jalanan, lingkungan, dan seluruh negeri kita dengan semarak syiar takbir.

“Syiar takbir yang menggema di seluruh negeri diharapkan dapat menjadi penyebab diturunkannya rahmat Allah, sehingga negeri ini dikaruniai kedamaian, keamanan, dan kesejahteraan,” tegas doktor bidang hukum Islam yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Mesir, Singapore dan USA ini.

Asrorun menambahkan takbir keliling merupakan sebagai sarana syiar yang merupakan wujud kearifan lokal yang khas Indonesia. Namun tak lupa, ia mengingatkan bagi umat Islam yang melaksanakan takbir keliling, perlu menjaga ketertiban umum.

“Koordinasi dengan pengurus masjid, pengurus lingkungan, dinas lalu lintas, dan aparat keamanan,” katanya.

Kepada para aparat, MUI berpesan untuk tidak menghalangi pelaksanaan syiar tersebut dengan dalil apapun.

“Aparat keamanan perlu menjamin ketrtiban dan keamanan pelaksanaan ibadah, termasuk kegiatan umat Islam yang menghidupkan malam idul fitri dengan takbir keliling. Tidak boleh ada yang menghalangi kegiatan syiar idul fitri, dengan dalih apapun,” tandasnya. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.