Jumat, 25 September 2020

Gerobagan, Tradisi Lebaran di Pantai Brecong Kebumen

Gerobagan, Tradisi Lebaran di Pantai Brecong Kebumen

Foto: Gerobagan, tradisi lebaran puluhan tahun di Pantai Brecong, Kebumen, Jawa Tengah. (Dipo/swamedium)

Kebumen, Swamedium.com — Memanfaatkan libur Lebaran menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat Kabupaten Kebumen dan sekaligus berlibur bersama menuju obyek wisata Pantai Brecong di Kecamatan Bulus Pesantren, Kebumen, Jawa Tengah.

Warga Kecamatan Bulus Pesantren menghias gerobak yang ditarik oleh seekor kuda untuk dinaiki menuju Pantai Brecong yang berada di Desa Bocor, Kecamatan Bulus Pesantren, Kebumen. Tradisi yang disebut gerobagan ini sudah berlangsung puluhan tahun.

Berbagai desa menyiapkan gerobak yang dihias seindah mungkin dan diarak menuju ke tempat wisata pantai untuk bertemu dengan gerobak dari desa lain yang juga menuju pantai Brecong. Biasanya hanya anak kecil yang ikut naik di atas gerobak sedangkan orang tua dan orang dewasa lainnya berjalan mengiringi gerobak.

Menurut Ati, warga Cikarang, Bekasi yang mudik ke Kebumen, Pantai Brecong tak seindah pantai lain yang ada di Kabupaten Kebumen.

“Tapi karena pantai inilah yang menjadi tujuan dari tradisi gerobagan maka tetap ramai,” katanya kepada Swamedium.com, Selasa (27/6).

Menurutnya, ada juga makanan khas yang banyak dinanti warga setempat yakni, peyek undur undur. Makanan ini banyak dijajakan di sekitar pantai Brecong.

“Peyek undur undur sangat nikmat bila dimakan bersama pecel menjadi makanan favorit saat lebaran,” ujarnya.

Ati juga berharap, semoga tradisi puluhan tahun seperti gerobagan ini tetap bertahan di era modernisasi saat ini.

“Semoga gerobagan tetap bertahan, jaman modern banyak menggerus budaya lokal,” pungkasnya. (dip)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.