Jumat, 25 September 2020

Hersubeno Arief: Makna Salam Habib Rizieq untuk Presiden Jokowi?

Hersubeno Arief: Makna Salam Habib Rizieq untuk Presiden Jokowi?

Oleh : Hersubeno Arief

Jakarta, Swamedium.com – Presiden Jokowi di Hari Raya Idul Fitri 1438 H (25/6) kedatangan tamu istimewa. Mereka adalah para pengurus Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) di bawah pimpinan Ustad Bachtiar Nasir (UBN).

Pertemuan yang tergolong istimewa dan langka itu berlangsung dalam kemasan program “open house” Lebaran. Bila menggunakan istilah Mensesneg Pratikno, dalam acara open house, Presiden menerima siapa saja yang ingin bersilaturahim, termasuk tentunya para pimpinan GNPF.

Kronologi peristiwa menurut Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengontak dirinya dan mengabarkan bahwa pimpinan GNPF MUI ingin bersilaturahim dengan Presiden. Pratikno kemudian menyampaikan kepada Presiden dan Presiden menyetujui. Jadilah pertemuan tersebut terselenggara. Presiden didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Menteri Agama, dan Mensesneg.

Versi GNPF MUI berbeda lagi. Menurut salah seorang yang hadir dalam pertemuan tersebut, mereka diundang oleh Presiden. Jadi bukan mereka yang meminta bertemu.

Siapapun yang mengambil inisiatif, sesungguhnya tidak perlu dipersoalkan. Bagaimanapun, sebuah silaturahim, antara Presiden dengan sejumlah tokoh Islam yang selama ini diposisikan berseberangan, patutlah disyukuri. Jadi ini bisa dianggap sebagai berkah di hari nan fitri.Kemenangan bersama.

Menjaga perasaan Megawati

Lepas dari persoalan momennya yang bertepatan dengan idul Fitri, pertemuan tersebut menumbuhkan harapan dan tafsir politik tersendiri. Coba perhatikan urut-urutan kegiatan Presiden pada hari itu.

Semula Presiden dijadwalkan bertemu dengan pengurus GNPF pada pukul 10.00 WIb. Namun karena mereka baru bisa berkumpul pada pukul 11.00 Wib, maka silaturahim mundur menjadi pukul 12.50 Wib. Sebab saat itu Presiden sudah dijadwalkan hadir pada open house di kediaman mantan Presiden Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.