Senin, 28 September 2020

Antisipasi Arus Balik, KM 66-41 Tol Cikampek Dibuat Satu Arah

Antisipasi Arus Balik, KM 66-41 Tol Cikampek Dibuat Satu Arah

Foto: Kemacetan Tol Cikampek menuju Jakarta (ist)

Bandung, Swamedium.com — Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar berencana melakukan rekayasa lalu lintas berupa contra flow (satu arah) di sepanjang Jalan Tol Cikampek. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas kendaraan saat arus balik Lebaran 2017.

Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik menjelaskan, contra flow akan diberlakukan mulai KM 66 hingga KM 41 arah ke Jakarta. Pada KM tersebut seringkali terjadi kepadatan kendaraan akibat pertemuan arus kendaraan dari Tol Cileunyi Padalarang (Cipularang) dan Tol Cikampek Palimanan (Cipali).

Dedi mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi di KM 66 akibat menumpuknya arus kendaraan dari dua jalur tol tersebut dan adanya penyempitan lajur.

“Jadi, untuk mengurai kepadatan lalu lintas, rencananya akan kita berlakukan contra flow mulai KM 66 hingga KM 41 Tol Cikampek,” kata Dedi seperti dikutip Sindonews, Rabu (28/6).

Ia juga menyebutkan, contra flow akan diberlakukan pada saat puncak arus balik yang diperkirakan terjadi mulai tanggal 30 Juni, hingga 2 Juli 2017 mendatang.

“Di tiga hari itu, kita prediksi puncak arus balik terjadi,” ungkapnya. (*/ls)

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.