Selasa, 22 September 2020

Serangan Siber Masif Petya, Serang Organisasi di Seluruh Dunia

Serangan Siber Masif Petya, Serang Organisasi di Seluruh Dunia

Foto : Dampak dari serangan ransomware Petya (Kiev Metro Alert)

London, Swamedium.com — Sejumlah perusahaan di seluruh dunia dilaporkan melalui badan keamanan siber Inggris bahwa mereka telah terkena dampak serangan siber masif yang disebut sebagai “insiden ransomware global.” pada hari Selasa (27/6) kemarin.

Terbaru : ID-SIRTII Umumkan Langkah Pencegahan Ransomware Petya Pada Komputer

Banyak laporan organisasi yang terkena dampak serangan siber masif ini berasal dari Ukraina, termasuk bank, perusahaan energi dan bahkan bandara utama Kiev. Bank Nasional Ukraina mengatakan telah terkena “virus yang tidak diketahui” dan mengalami kesulitan dalam memberikan layanan pelanggan dan operasi perbankan, sementara bandara internasional Kiev Boryspil juga dilaporkan terjadinya beragam jenis serangan cyber.

Perusahaan transportasi dan energi asal Denmark, Maersk telah mengkonfirmasi melalui akun twiternya bahwa sistem teknologi informasinya yang berada di beberapa lokasi terkena serangan siber ini.

Serangan tersebut juga menyerang perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Merck melalui akun twitternya menyatakan bahwa jaringan komputernya telah diganggu oleh serangan siber yang masif ini.

Perusahaan periklanan asal Inggris WPP juga melalui akun twitternya mengatakan bahwa pihaknya juga telah terkena dampak serangan cyber dan pusat keamanan siber nasional Inggris sedang menyelidiki laporan serangan tersebut.

Pusat Cybercrime Eropa, divisi cybercrime Europol, juga memantau serangan siber global tersebut. “Kami sangat menanggapi laporan serangan ransomware besar lainnya pada bisnis di Eropa,” Rob Wainwright, Direktur Eksekutif Europol mengatakan dalam sebuah Tweet.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.