Selasa, 29 September 2020

Ditemukan Ancaman Pada Systemd, Canonical Rilis Pembaruan Untuk Ubuntu

Ditemukan Ancaman Pada Systemd, Canonical Rilis Pembaruan Untuk Ubuntu

Foto : Ilustrasi kecepatan booting menggunakan systemd. (ist)

London, Swamedium.com — Sebuah ancaman yang membahayakan pada sistem operasi Ubuntu telah ditemukan oleh tim dari Canonical dan Canonical pun merilis pembaruan yang ditujukan untuk menangani ancaman tersebut pada Selasa (27/6) kemarin.

Hal itu diungkapkan oleh Canonical melalui Ubuntu Security Notice dengan kode USN-3341-1 mengatakan systemd-resolve dapat menjadi crash atau menjalankan program jika menerima respon DNS yang dibuat secara khusus.

Ancaman yang ditulis dengan kode CVE-2017-9445 ini lebih lanjut dijelaskan oleh Canonical telah ditemukannya error out-of-bonds dalam systemd-resolve saat menangani tanggapan pada DNS yang dibuat secara khusus. Peretas berpotensi memanfaatkan ini untuk merusak sistem dengan menggunakan denial of service atau mengeksekusi kode melalui jarak jauh tanpa diketahui penggunanya.

Oleh sebab itu, Canonical memperintahkan bagi penggguna Ubuntu 17.04 dan Ubuntu 16.10 untuk memperbarui komponen systemd ke versi yang terbaru. Untuk systemd pada Ubuntu 17.04 dirilis dengan versi 232-21ubuntu5 dan untuk Ubuntu 16.10 dirilis dengan versi 231-9ubuntu5. (rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.