Rabu, 30 September 2020

Goa Ngerong, Wisata Alam nan Eksotis di Tuban

Goa Ngerong, Wisata Alam nan Eksotis di Tuban

Foto: Goa Ngerong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. (Nico/jurnalis warga/swamedium)

Tuban, Swamedium.com — Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memiliki banyak goa wisata alam yang sangat menarik dan layak dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Ngerong yang terletak di Jalan Raya Barat Nomor 155, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Goa ini berada di pinggir jalan raya, pertengahan jalan raya antara Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Untuk menikmati wisata alam Goa Ngerong, pengunjung cukup membayar tiket seharga dua ribu rupiah untuk anak-anak, dan tiga ribu rupiah untuk pengunjung dewasa.

Goa yang terbentuk dari perbukitan kapur ini dihuni oleh ratusan ribu kelelawar yang menggantung di bibir goa dan di dalam kegelapan goa sampai kedalaman sekitar 700 meter. Lobang Goa ini memiliki panjang sekitar 1,8 kilometer, dimana pada kedalaman 1000 meter terdapat air terjun.

Video : Goa Ngerong yang eksotis menjadi sarang burung kelelawar lengkap dengan kolam ikan. (Nico/jurnalis warga/swamedium)

Dari mulut goa mengalir air jernih dengan debit yang cukup untuk menghasilkan sebuah aliran sungai besar. Di dalam sungai ini terdapat ribuan ikan tawes, ikan bader, ikan nila dan kura-kura yang hidup dari kotoran kelelawar dan pemberian makanan oleh para pengunjung.

Selain menikmati orkestrasi cuitan ribuan kelelawar dan kilau sisik-sisik ikan berenang, pengunjung juga dapat menyewa perahu karet bagi anak-anak yang ingin berenang di sungai. Pengunjung yang memasukkan kakinya kedalam sungai akan merasakan cumbuan mulut ikan-ikan tawes yang bisa menjadi terapi tersendiri. Para pedagang menyediakan aneka minuman, makanan kecil ataupun souvenir.

Pada hari raya Idul Fitri atau momen libur nasional, biasanya Goa Ngerong dikunjungi oleh ribuan wisatawan. Beberapa kali Goa Ngerong menjadi tempat shooting acara teve nasional bertema penjelajahan alam dengan menggunakan perahu karet.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.