Kamis, 24 September 2020

Kincia Kamba Tigo, Wisata Baru Kabupaten Tanah Datar

Kincia Kamba Tigo, Wisata Baru Kabupaten Tanah Datar

Foto: Kincia Kamba Tigo yang menjulang tinggi menjadi objek wisata baru di Kabupaten Tanah Datar (denni risman/swamedium)

Batusangkar, Swamedium.com — Kincir Kembar Tiga alias Kincia Kamba Tigo yang terletak di Jorong Padang Data, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menjadi tempat favorit wisata baru. Pada saat libur lebaran ini, lokasi ini dipenuhi wisatawan.

Kincir air ini awalnya dibangun oleh warga setempat untuk menaikan air dari Sungai Ombilin ke Masjid Al Istiqamah yang letaknya sekitar 1.200 meter dari sungai. Masjid ini berada di pinggir jalan raya Batusangkar-Ombilin.

Foto: Kincir air ini dibangun untuk menaikan air ke Masjid Al Istiqamah yang berada diketinggian 128 meter dan berjarak 1.200 meter dari sungai Ombilin. (denni risman/swamedium)

Untuk menuju lokasi Kincia Kamba Tigo tidaklah sulit. Rambu penunjuk lokasi sudah ada sejak dari ibukota kabupaten, Batusangkar. Dari pinggir jalan di Jorong Padang Lua, nanti jalan menurun menuju lokasi.

Sayangnya, kendaraan tidak bisa masuk langsung ke lokasi kincir air. Kendaraan roda empat dan roda dua parkir di atas, kemudian wisatawan turun ke sungai sekitar 600 meter dengan jalan penurunan yang curam.

Jalan ke lokasi kincir air yang berada di pinggir Sungai Ombilin masih jalan tanah. Jadi perlu hati-hati agar tidak tergelincir.

Tiba di pinggir sungai, kita akan melihat tiga kincir air berdiri sejajar. Kincir air ini sangat besar dan tinggi

“Kincir ini dibangun oleh perantau Padang Data, pak Ong (Anwar.red) pada tahun 2015. Idenya adalah menaikan air untuk kebutuhan masjid yang selalu kesulitan air saat musim kemarau,” kata Meinar, salah seorang pedagang makanan di lokasi.

Foto: Warung yang berada di pinggir sungai menyediakan minuman dan makanan. (denni risman/swamedium)
Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.