Jumat, 25 September 2020

Pemilik Rambut Uban Akan Hidup Sehat dan Umur Panjang

Pemilik Rambut Uban Akan Hidup Sehat dan Umur Panjang

Jakarta, Swamedium.com – Banyak orang, terutama perempuan yang panik begitu melihat rambutnya mulai beruban. Karena tumbuh uban di rambut identik atau pertanda mulai menuanya seseorang, sesuatu yang menakutkan bagi perempuan.

Satu dua helai rambut beruban yang muncul kerap membuat kita panik karena merasa usia masih muda. Sehingga beragam cara pun dilakukan untuk menyembunyikan uban, baik dengan cara mewarnai atau mencabutnya. Namun, sebelum tindakan cabut uban dilakukan, baiknya pahami konsekuensinya.

Pada dasarnya, mencabut uban yang muncul terkadang juga merasa takut karena khawatir nantinya uban akan bertambah banyak. Benarkah?

Sebenarnya kekhawatiran mencabut uban akan membuat uban tumbuh lebih banyak tersebut tidak beralasan.

Para ahli mengatakan, tak mungkin beberapa rambut tumbuh dari satu tempat yang sama.

“Jika ada lebih dari satu rambut tumbuh pada tempat yang sama, itu terjadi karena bersatunya dua folikel rambut. Bisa terjadi tapi sangat jarang,” kata Elizabeth Cunnane Phillips, ahli rambut.

Meski begitu, dia tidak menyarankan untuk mencabut uban. “Tak ada gunanya mencabut uban, lebih baik potong saja dengan hati-hati,” katanya.

Karena mencabut uban bisa menyebabkan kebotakan. Hal ini disebabkan folikel rambut yang mengalami trauma, sehingga rambut tidak tumbuh lagi, baik itu pada rambut di bagian kepala atau alis.

“Jika kita sering mencabuti uban pada satu area kepala, lama-lama tubuh akan mengirim sinyal ke folikel rambut untuk tidak perlu memproduksi rambut di area itu dan folikelnya beristirahat. Rambut pun jadi tipis dan bahkan botak pada satu area,” paparnya.

Bila Anda tidak merasa percaya diri dengan rambut yang mulai memutih, lebih baik diwarnai saja. Jangan malah mencabut uban karena bisa mengakibatkan kebotakan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.