Jumat, 25 September 2020

Hari Kedelapan Arus Mudik, Ada 292 Korban Tewas

Hari Kedelapan Arus Mudik, Ada 292 Korban Tewas

Foto: Arus balik melintas di ruas Tol Cikampek. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Hingga hari kedelapan arus mudik 2017 atau Selasa (27/6) lalu, tercatat sebanyak 292 pengendara meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Sementara, jumlah pengendara yang mengalami luka berat akibat lakalantas sebanyak 478 orang dan luka ringan 1.682 pengendara.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Humas Mabes Polri,l Kombes Pol Martinus Sitompul menuturkan, kebanyakan korban yang meninggal dunia lantaran kecelakaan berada di wilayah hukum Polda Jawa Timur, yakni sebanyak 50 orang.

“Sementara, di urutan kedua tercatat 4 orang tewas di lingkup Polda Jawa Tengah dan di wilayah hukum Polda Sulawesi Selatan sebanyak dua orang,” kata Martinus, di Jakarta, Selasa (27/6).

Meski angka ini menurun dibandingkan dengan tahun 2016 yakni 294 pengendara, penurunan tersebut tidak signifikan, yakni hanya mengalami penurunan sebanyak dua orang.

Martinus juga menjelaskan, Polri juga melakukan penilangan sebanyak 47.537 kali dan menegur 51.421 pengendara yang membandel.

“Paling banyak itu di lingkungan Polda Jawa Timur yakni 682 kali teguran dan 791 kali tilangan,” tuturnya.

Sementara untuk penyebab kecelakaan, Martinus mengungkapkan, sebagian besar disebabkan oleh pengendara yang tak bisa menjaga jarak kendaraannya dengan baik.

“Sementara untuk pelanggaran lalu lintas didominasi kendaraan roda dua, seperti tak memakai helm,” ujarnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.