Rabu, 30 September 2020

Sevel Tutup Tak Terkait Sekolah Usang dan Masjid Sepi

Sevel Tutup Tak Terkait Sekolah Usang dan Masjid Sepi

Foto: Gus Ipoel Simatupang. (Dok. Pribadi)

Oleh : Ipoel Simatupang*

Jakarta, Swamedium.com — Suasana pagi yang cerah dan diiringi kicauan burung yang bersahut-sahutan mengiringi langkah anak-anak menuju sekolahnya. Sambil menenteng buku dan tas, mereka saling bersenda gurau sesama teman menikmati waktu sejengkal di antara perjalanan yang menyenangkan.

Para guru sudah menyambut di depan pintu sambil tersenyum cerah sambil mengulurkan tangan kepada siswanya untuk bersalaman satu persatu dengan tertib. Ketika selesai jam yang ditentukan, para guru beranjak dari tempat piket dan menuju ke tempat tugas masing-masing.

Ketika gerbang mulai ditutup, banyak siswa yang berlarian agar tidak ketinggalan dan mendapat hukuman yang sudah ditentukan. Pemandangan ini banyak dijumpai di setiap lembaga pendidkan, fenomena siswa terlambat untuk datang ke sekolah dengan berbagai alasan yang bisa diadakan setiap saat.

Komponen pendidikan yang paling penting bagi pengembangan pendidikan adalah munculnya individu yang bisa memenuhi kebutuhan pribadinya. Kebutuhan pribadi yang membutuhkan pendiidkan yang mencerahkan baik aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan spiritual serta emosional. Pada siswa memperoleh apa yang mereka butuhkan sebagai asupan gizi kehidupannya.

Bila kita melihat lembaga-lembaga pendidikan yang memuliakan Al-Qur’an sebagai titik tolak perjuangan pendidikannya, mereka bisa maju dan berkembang dengan signifikan. Hampir semua lembaga pendidikan yang memuliakan AlQuran tersebut memberikan durasi yang sangat cukup bagi murid-muridnya. Lembaga-lembaga pendidkan tersebut memberikan durasi Al-Qur’an sekitar 10 jam perminggu.

Kegiatan pembelajaran pagi dimulai dengan pelajaran membaca Al-Qur’an membuat suasana sekolah menjadi sejuk menentramkan hati. Alunan yang begitu merdu dan Indah menjadi faktor perbedaan antara lembaga pendidkan satu dengan lainnya. Hampir semua lembaga-lembaga pendidikan yang maju dan berkembang tersebut menggunakan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tertentu kepada murid-muridnya.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.