Selasa, 29 September 2020

Contraflow di Tol Cipali Sebabkan Kemacetan di Jalur Pantura

Contraflow di Tol Cipali Sebabkan Kemacetan di Jalur Pantura

Foto: Contraflow di Tol Cipali sebabkan kemacetan di Jalur Pantura. (ist)

Purwakarta, Swamedium.com — Kepadatan volume kendaraan pada arus balik lebaran 2017 di ruas Tol Cipali memaksa pihak kepolisian membuat rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Kepolisian memberlakukan contraflow sejauh 42 kilometer di Jalur A (dari Palimanan menuju Cikopo) Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (1/7). Langkah ini dilakukan untuk mengurai kemacetan kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta di ruas tol tersebut.

Contraflow diberlakukan sejak dari KM 126-84 sekitar pukul 16.00 WIB. Pola pengurai kemacetan ini akan terus diberlakukan hingga kepadatan lalu lintas di Tol Cipali berkurang.

Kasatlantas Pores Purwakarta AKP Arman Syahti mengungkapkan, untuk kendaraan dari arah berlawanan atau dari Jakarta menuju Cirebon, semuanya keluar melalui Gerbang Tol Kalihurip, kemudian dialihkan ke jalur pantura.

“Contraflow kami berlakukan di Tol Cipali Jalur A, sehingga antara KM 84 hingga KM 126 menjadi satu arah,” ujarnya seperti dikutip Sindonews, Sabtu (1/7).

Pengalihan arus dari Jakarta melalui Jalan Arteri Karawang mengakibatkan kemacetan di simpang Mutiara dan Jomin, sebagai akses menuju jalur Pantura.

Bahkan, di jalur pantura kemacetan juga terjadi untuk arah berlawanan. Dari mulai Kecamatan Jatisari hingga Cikampek sekitar 20 kilometer, kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta harus rela merayap dikarenakan penyempitan di simpang Jomin. (Dip)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.