Jumat, 02 Oktober 2020

Sandiaga: Budaya Betawi Tak Akan Dipinggirkan

Sandiaga: Budaya Betawi Tak Akan Dipinggirkan

Foto: Wakil Gubernur DKI Terpilih Sandiaga Uno bersilaturahmi dengan FORKABI. (asmc)

Jakarta, Swamedium.com — Wakil Gubernur DKI terpilih, Sandiaga Uno, menerima aspirasi tentang nasib budaya Betawi, saat silahturahmi halal bihalal dengan Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) di Jalan Bina Nusa Indah, Jakarta Selatan. Aspirasi tersebut disampaikan langsung oleh ketua FORKABI Pusat, Abdul Ghoni.

“Mengenai kebudayaan Betawi, memang butuh keberpihakan. Karena bagaimana budaya Betawi ini tidak menjadi asing di Republik ini, yang akan kita buat bukan silatnya saja, tapi kulinernya juga, seperti kerak telor, dan bir pletok,” ujar Sandiaga, Jumat (30/6) malam.

Pada kegiatan tersebut, harapan yang disampaikan oleh Abdul Ghoni ada tiga hal kepada Sandiaga. Pertama, masalah pembinaan ormas Betawi, lalu masalah kegiatan kebudayaan, dan terakhir tetang Situ Babakan. Ketiga hal tersebut, akan dimonitor oleh ormas Betawi, khusunya FORKABI, untuk membantu pemerintah saat menjalankannya.

Sandiaga juga menjelaskan, bahwa Badan Musyawarah (Bamus) Betawi berjumlah lebih dari 100, namun tidak semuanya aktif. Hal tersebut yang akan disensus dulu menjelang Anies-Sandi dilantik, agar masalah pendampingan bisa dipermudah. Selain itu masalah cinderamata khas Betawi, sudah digiatkan oleh Pemprov DKI.

“Nanti akan kita pilah mana yang butuh pendampingan,” ujar Sandiaga.

“Ini masalah Pergub sudah di tanda tangani dan tertera di pasal 47 ayat satu, bahwa pengelola hotel dan mal harus menyediakan hasil produk budaya Betawi. Masalah budaya betawi tersebut sudah ditanda tangani oleh Sumarsono,” lanjut Sandiaga.

Terakhir, Sandiaga juga menegaskan, setelah pelantikan akan ada saatnya pegawai di Balai Kota memakai pakaian Betawi. Kepada teman-teman FORKABI, Anies-Sandi mendukung pola pemerintahan yang partisipasi, yang akan fokus membangun dari bawah keatas.

“Kita akan melibatkan peran masyarakat. Saat ini Betawi walau 27 persen di DKI, tapi wilayah ini milik kita. Insya Allah adat betawi selama lima tahun ke depan bisa dikawal oleh FORKABI. Setu Babakan yuk kita optimalisasikan,” ucap Sandiaga. (*/ls)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.