Thursday, 25 April 2019

Untung Rugi Membeli Rumah dari Oper Kredit

Untung Rugi Membeli Rumah dari Oper Kredit

Kerugian Membeli Rumah Oper Kredit
• Proses lebih rumit dan biaya alih kredit besar
Proses take over kredit melalui bank resmi akan menjadi lebih rumit daripada proses KPR dari developer rumah baru. Biasanya prosesnya juga akan memakan waktu lebih lama. Meski begitu, pihak bank akan membantu prosesnya hingga selesai.

Setelah itu, biaya untuk pemindahan ke debitur baru biasanya juga cukup besar disesuaikan dengan prosedur sesuai kebijaksanaan dari Bank.
• Biaya renovasi
Karena rumah yang di take over bukanlah rumah baru, maka bisa jadi terdapat kerusakan yang harus diperbaiki. Hitunglah perkiraan biaya renovasi yang diperlukan sebelumnya, pastikan tidak membebani Anda sebagai pembeli.
• Resiko jaminan surat-surat
Apabila Anda mengajukan oper kredit diluar Bank, maka Anda beresiko mengangsur cicilan ke Bank atas nama pemilik lama, begitu juga dengan surat-suratnya. Semua proses balik nama baru akan dilakukan begitu cicilan selesai (dimana surat harus diambil pemilik lama terlebih dahulu).

Sudah ada beberapa kasus dimana pemilik lama menghilang dan proses pengambilan sertifikat di bank menjadi sangat sulit karena harus diambil langsung oleh nama pemilik lama.

Memanfaatkan Fasilitas KPR BTN Subsidi
Sebagai salah satu dari empat bank BUMN di Indonesia, BTN atau bank tabungan Negara sudah berdiri sejak tahun 1897 atau sebelum kemerdekaan Indonesia. BTN merupakan lembaga perbankan pertama yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan KPR bagi golongan masyarakat menengah ke bawah.

KPR BTN Sejahtera FLPP menjadi buruan banyak orang yang hendak mencari rumah murah atau rumah subsidi. Produk ini merupakan fasilitas kredit yang bekerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Tentunya, KPR rumah BTN murah ini diperuntukkan untuk masyarakat yang belum memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah. Jika ingin mengajukan KPR BTN murah ini, pastikan Anda memiliki penghasilan pokok maksimal Rp4 juta untuk Rumah Sejahtera Tapak dan Rp7 juta untuk Rumah Sejahtera Susun.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (1)