Rabu, 28 Juli 2021

Hindari Lima Hal Ini Dalam CV Lamaran Kerjamu

Jakarta, Swamedium.com – Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat. Ribuan pelamar mengirimkan surat lamaran ke divisi sumber daya manusia (SDM), sehingga Anda membutuhkan trik atau strategi agar lamaran Anda menjadi salah satu yang lirik dan lolos seleksi awal dalam proses rekrutmen tersebut.

Banner Iklan Swamedium

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan bagian SDM hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit ketika membuat keputusan apakah kita layak untuk maju mengikuti tahap selanjutnya ataupun tidak.

Waktu singkat itu bisa menentukan nasib dan karier kita. Oleh karena itu, Anda harus menyusun CV yang menarik (eye cathing). Caranya adalah dengan hindari 5 hal yang dibenci bagian SDM yang ada dalam CV Anda sebagaimana dikutip dari Okezone.com.

1. Jangan Menjelaskan Riwayat Hidup Terlalu Detail
Tak bisa dipungkiri, semua dari kita yang melamar kerja pasti ingin membuat CV kita terlihat menarik dan cantik. Tapi, menjadi sebuah bumerang apabila kita menuliskan penjelasan yang panjang dan tidak penting bagi pihak perekrut. Misalnya, pengalaman Anda magang di salah satu perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Solusinya adalah, cantumkan informasi yang berkaitan dengan posisi atau tugas dan tanggung jawab jabatan yang kita lamar.

2. CV yang Berantakan
Jangan biarkan CV Anda berantakan, karena hal tersebut merupakan hal yang sangat dibenci oleh semua HRD. Pihak SDM akan kesulitan dalam membaca bahkan mendapatkan informasi tentang Anda secara cepat. Susun CV Anda secara jelas dan ringkas, agar pihak SDM bisa menangkap informasi tentang Anda secara lengkap. Untuk mempermudah dan terlihat menarik, Anda bisa membuat dalam bentuk poin-poin.

3. Tujuan yang Standar
Nah Siker, ini salah satu yang biasanya terabaikan oleh kita para pelamar kerja. Anda pasti sering mencantumkan sebuah pernyataan yang sangat klasik seperti “Saya sedang mencari sebuah pekerjaan yang sangat menantang dan juga menawarkan pengembangan profesionalme”, pernyataan itu merupakan tujuan yang biasa Anda tulis pada surat lamaran. Sebaiknya kalimat tersebut dihindari untuk Anda cantumkan, karena itu terlalu standar dan klasik.

4. Data Pribadi yang Tidak Relevan
“Saya hobi travelling, aktif kegiatan olahraga dan lain-lain” adalah yang biasanya Anda isi pada kolom hobi. Wajib diperhatikan, untuk tidak mencantumkan kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar tersebut. Jangan sampai mencantumkan banyak kegiatan yang tidak ada hubungannya dan mengesankan Anda orang yang memiliki banyak aktivitas. Karena bisa saja pihak SDM akan menganggap Ansa berlebihan dan dan ini sama sekali tidak relevan untuk ditulis di dalam CV Anda.

Akan tetapi apabila pekerjaan yang akan kita lamar tersebut adalah posisi sebagai humas dalam sebuah kegiatan amal dan hal ini kita memiliki pengalaman dalam bidang yang sejenis, maka itu berarti kita harus dan wajib Anda cantumkan. Sesuaikan tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan yang Anda lamar dengan kegiatan Anda yang berhubungan untuk mendukung ketertarikan HRD kepada Anda.

5. Kemampuan yang Umum
Bila ditanya secara jujur, pihak SDM pasti sudah bosan dengan penjelasan bahwa bahwa Anda sangat mahir mengoperasikan Microsoft Office. Hal yang mungkin tak perlu dijelaskan, karena pada zaman teknologi sudah canggih seperti ini, nampaknya hanya sedikit yang tidak bisa mengoperasikan Microsoft Office. Oleh karena itu, janganlah membanggakan keahlian di dalam mengoperasikan Microsoft Office.

Berbeda halnya apabila Anda bekerja di dalam perusahaan pengembangan software dan dan kita melamar pekerjaan tersebut sebagai pengembang software, karena kemahiran Anda dalam mengoperasi Microsoft Office tersebut mungkin akan mereka butuhkan. Akan tetapi apabila keahlian Microsoft Office itu hanya merupakan skill yang normal yang berfungsi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan rutin kita, lebih baik untuk tidak mencantumkannya.

Ingat Siker! CV dan surat lamaran Anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pihak SDM. Jadi, Anda harus mengecek hal-hal yang harus Anda tulis di dalam CV tersebut. Usahakan agar jangan terlalu berlebihan dalam memberikan informasi yang memang tidak relevan dengan pekerjaan yang akan kita lamar, sebab hal tersebut tidaklah penting. So, mulai saat ini hindari 5 hal yang dibenci pihak SDM dalam CV Anda! (*/maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita