Rabu, 30 September 2020

Hindari Lima Hal Ini Dalam CV Lamaran Kerjamu

Jakarta, Swamedium.com – Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat. Ribuan pelamar mengirimkan surat lamaran ke divisi sumber daya manusia (SDM), sehingga Anda membutuhkan trik atau strategi agar lamaran Anda menjadi salah satu yang lirik dan lolos seleksi awal dalam proses rekrutmen tersebut.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan bagian SDM hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit ketika membuat keputusan apakah kita layak untuk maju mengikuti tahap selanjutnya ataupun tidak.

Waktu singkat itu bisa menentukan nasib dan karier kita. Oleh karena itu, Anda harus menyusun CV yang menarik (eye cathing). Caranya adalah dengan hindari 5 hal yang dibenci bagian SDM yang ada dalam CV Anda sebagaimana dikutip dari Okezone.com.

1. Jangan Menjelaskan Riwayat Hidup Terlalu Detail
Tak bisa dipungkiri, semua dari kita yang melamar kerja pasti ingin membuat CV kita terlihat menarik dan cantik. Tapi, menjadi sebuah bumerang apabila kita menuliskan penjelasan yang panjang dan tidak penting bagi pihak perekrut. Misalnya, pengalaman Anda magang di salah satu perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Solusinya adalah, cantumkan informasi yang berkaitan dengan posisi atau tugas dan tanggung jawab jabatan yang kita lamar.

2. CV yang Berantakan
Jangan biarkan CV Anda berantakan, karena hal tersebut merupakan hal yang sangat dibenci oleh semua HRD. Pihak SDM akan kesulitan dalam membaca bahkan mendapatkan informasi tentang Anda secara cepat. Susun CV Anda secara jelas dan ringkas, agar pihak SDM bisa menangkap informasi tentang Anda secara lengkap. Untuk mempermudah dan terlihat menarik, Anda bisa membuat dalam bentuk poin-poin.

3. Tujuan yang Standar
Nah Siker, ini salah satu yang biasanya terabaikan oleh kita para pelamar kerja. Anda pasti sering mencantumkan sebuah pernyataan yang sangat klasik seperti “Saya sedang mencari sebuah pekerjaan yang sangat menantang dan juga menawarkan pengembangan profesionalme”, pernyataan itu merupakan tujuan yang biasa Anda tulis pada surat lamaran. Sebaiknya kalimat tersebut dihindari untuk Anda cantumkan, karena itu terlalu standar dan klasik.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.