Jumat, 25 September 2020

Kawah Sileri Dieng Semburkan Lumpur, Sejumlah Wisatawan Terluka

Kawah Sileri Dieng Semburkan Lumpur, Sejumlah Wisatawan Terluka

Foto: Kawah Sileri Dieng semburkan lumpur panas. (ist)

Banjarnegara, Swamedium.com — Semburan lumpur panas akibat letusan freatik (letusan gas) dilaporkan terjadi di Kawah Sileri, Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surip mengatakan letusan freatik itu terjadi pada pukul 12.00 WIB.

Foto: Asap imbas dari letusan freatik di Kawah Sileri, Dieng. (ist)

“Tinggi letusan mencapai 50 meter, sampai ke parkiran ‘waterboom’. Tidak ada korban jiwa akibat letusan itu,” katanya, seperti dikutip Tribunnews, Minggu (2/7).

Kendati begitu, pihaknya mengakui saat kejadian ada 10 wisatawan di sekitar Kawah Sileri. Kesepuluh wisatawan tersebut terluka terkena lumpur tetapi kondisinya tidak parah dan saat ini sudah mendapat perawatan di Puskesmas Batur.

Sebelumnya, pada 24 Juni 2014 lalu, PVMBG telah merekomendasikan radius bahaya hingga 100 meter.

“Dengan kejadian ini, kami belum mengetahui apakah radius bahaya akan diperluas. Tergantung dari pusat, kami masih mengumpulkan data,” tuturnya.

Seperti dilansir Okezone, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan pihaknya sudah menuju lokasi kejadian untuk melakukan pendataan.

Pasca letusan freatik itu, obyek wisata Kawah Sileri untuk sementara ditutup. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.