Senin, 21 September 2020

Kiddle, Mesin Pencari yang Mengkhawatirkan Orang Tua

Kiddle, Mesin Pencari yang Mengkhawatirkan Orang Tua

Foto: Kiddle, situs mesin pencari yang mengkhawatirkan. (ist)

London, Swamedium.com — Situs baru bernama Kiddle.co telah dirilis, sebuah mesin pencari yang digunakan untuk menulusuri informasi di internet dan menjamin ramah untuk anak-anak.

Tapi situs pencari tersebut baru-baru ini tampaknya menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran bagi kalangan orang tua.

Seperti yang dikutip dari mirrors.co.uk, Sejumlah media pemberitaan telah melaporkan bahwa situs mesin pencari tersebut menggunakan komponen dari Google resmi yang ditujukkan bagi pengguna internet muda. Orang tua juga menganggap terciptanya mesin pencari tersebut sebagai ‘Google untuk anak-anak’.

Situs web tersebut tidak memiliki relasi dengan Google dan bahkan tidak mengklaimnya. Situs mesin pencari ini menggunakan bilah Google Custom Search yang disematkan di dalam situs web untuk menyaring konten dewasa. Konten tertentu disaring dan beberapa istilah eksplisit serta selebriti seperti Pamela Anderson diblokir.

Dalam beberapa kasus, konten yang diblokir ini tidak berhasil dengan baik, seperti pencarian Khloe Kardashian dan Vanessa Hudgens.

Foto : Pencarian untuk Khloe Kardashian mengemukakan referensi rekaman seks. (mirrors.co.uk)
Foto : Hasil pencarian Vanessa Hudgens menampilkan referensi gambar telanjang. (mirrors.co.uk)

Sejumlah pengguna Twitter juga melaporkan penemuan mereka yang tidak menguntungkan saat menggunakan situs ini.

Sedangkan situs Kiddle sendiri mengklaim dengan menyatakan: “Situs yang muncul di hasil pencarian Kiddle memenuhi persyaratan ramah keluarga, karena kami menyaring situs dengan konten eksplisit atau menipu.” (*/rk)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.