Selasa, 29 September 2020

Pansus Angket KPK Akan Panggil Prof Yusril dan Prof Romli

Pansus Angket KPK Akan Panggil Prof Yusril dan Prof Romli

Foto: Pakar Hukum yang akan dipanggil Pansus DPR Hak Angket KPK, Prof Yusril Ihza dan Prof Romli Atmasasmita. (swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Wakil Ketua Pansus DPR Hak Angket KPK Risa Mariska memastikan, pihaknya akan langsung “tancap gas” pada hari pertama pascalibur Lebaran.

Risa menjelaskan, agenda pertama pansus adalah menggelar rapat internal. Setelah itu, lanjut Risa, mereka akan memanggil sejumlah pihak seperti BPK dan para pakar hukum.

Ia mengungkapkan, pada pemanggilan BPK adalah untuk memeriksa kinerja KPK dari sisi anggaran. Sedangkan untuk pakar hukum, mengenai kedudukan pansus terhadap angket atas KPK.

“Untuk agenda pemanggilan, kami akan memanggil Prof Romli Atmasasmita, Yusril Ihza Mahendra dan BPK,” ungkapnya, Sabtu (1/7) kemarin.

Sebelumnya, Pakar Hukum Tata Negara Prof Yusril Ihza Mahendra telah memberikan pernyataan, bahwa dirinya bersedia jika diminta untuk memberikan pandangannya oleh Pansus hak angket KPK.

“Ya silakan saja (panggil),” katanya di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (21/6) lalu.

Tak hanya itu, Yusril pun siap hadir bila Pansus KPK mengundang dirinya juga sebagai ahli. Pasalnya, kata Yusril, selain diatur dalam UU MD3, aturan hak angket juga diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 1954 tentang Penetapan Hak Angket DPR.

“Jadi kan hak angket itu diatur dalam UU Nomor 6 tahun 1954. Jadi orang itu bisa disandera jika tidak mau datang, jadi bukan hanya di UU MD3,” tuturnya.

Sementara itu, Pakar Hukum Pidana, Prof Romli Atmasasmita juga telah menyatakan dirinya siap hadir di sidang pansus angket jika dipanggil.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak apriori dan mendukung angket guna kebaikan KPK.

“Saya siap hadir di pansus jika dipanggil untuk berikan keterangan di bawah sumpah tentang kinerja KPK dan ICW, mari kawal pansus angket KPK sampai tuntas. Jangan dulu apriori kalau kita sayang KPK demi perbaikan kerja KPK ke depan,” tulis Prof Romli melalui akun twitternya @rajasundawiwaha, Sabtu (1/7) kemarin.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.