Selasa, 29 September 2020

Terindikasi Penipuan, Penawaran Gratis Kuota Internet

Terindikasi Penipuan, Penawaran Gratis Kuota Internet

Foto: Penipuan berkedok gratis kuota internet. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Belakangan ini pesan berantai penipuan yang mengatasnamakan operator telepon seluler makin marak menyebar di jejaring sosial WhatsApp.

Pesan dimaksud menyebutkan bahwa Telkomsel sedang membagikan gratis kuota 50GB di jaringan 4G. Berikut ini pesan berantai tersebut.

Kabar baik bagi pengguna Telkomsel

Dapatkan Data Internet Gratis 50GB 4G dengan telkomsel Sim untuk 90days,dengan suara terbatas memanggil. Klik di sini untuk mengaktifkan sekarang

👉 http://Telkomsel4G.ml

Tak hanya itu, pesan berantai itu pun menawarkan gratis kuota internet untuk operator telepon seluler lainnya.

Dapatkan! Kuota 50gb Internet Untuk Semua Operator Sampai 15 Juli, Klik di bawah untuk mendaftar sekarang

👉 http://Gratis-Kuota50gb.ml

Kesempatan terakhir anda untuk mendapatkan kuota 50gb all operator secara gratis

Guna memastikan apakah pesan di atas merupakan penipuan, sebetulnya sangat mudah. Pertama, situs web yang disebutkan di pesan itu, bukan situs resmi milik operator telepon seluler.

Kedua, situs web itu tidak menggunakan protokol keamanan (https), melainkan hanya protokol biasa (http). Perusahaan sekelas operator telepon seluler sudah menerapkan protokol keamanan untuk situs miliknya.

Ketiga, domain alamat situs web itu, yakni “.ml” merupakan salah satu domain gratisan. Logikanya, tidak mungkin perusahaan operator telepon seluler membuat situs dengan domain gratisan. Keempat, tampilan situs itu sangat tidak profesional.

Hal lain yang mengindikasikan penipuan adalah pengguna mesti memasukkan nomor ponsel dan alamat email di situs itu. Hal ini termasuk salah satu cara yang banyak digunakan penjahat siber untuk mengirim email spam bahkan email phising.

Kendati terindikasi penipuan dan bisa jadi jutaan pengguna WA telah sempat meneruskan informasi ihwal pembagian gratis kuota 50GB di jaringan 4G oleh Telkomsel ini, hingga kini belum ada informasi lanjut ihwal efek negatif atau dampak kerugian yang timbul pasca penyebaran informasi hoax ini oleh para pengguna jejaring sosial WA. Baik berupa kerusakan pada perangkat gadget, maupun penyebaran virus, berkurangnya kuota internet, atau hal-hal merugikan lainnya. (*/ls)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.