Kamis, 24 September 2020

Dampak Pergerakan 212 Terhadap Perkembangan Ekonomi Umat Muslim

Dampak Pergerakan 212 Terhadap Perkembangan Ekonomi Umat Muslim

Foto: Logo 212Mart (Iqlima/swamedium)

Oleh: Eka Rusmiyanti*

Jakarta, Swamedium.com — Sejak munculnya gerakan umat muslim pada aksi 411, 212, dan seterusnya tidak dipungkiri bahwa sejak saat itu umat muslim seolah-olah ‘tersentak’ dan ‘bangun dari tidur panjangnya’.

Umat muslim semestinya bersyukur dan berterima kasih dengan adanya masalah tentang Surat Al Maidah yang terjadi beberapa waktu yg lalu menimbulkan reaksi yang luar biasa. Sungguh dinluar dugaan kita sebelumnya.

Hal ini betul-betul menjadi momentum dan berdampak sangat positif serta diperoleh hikmah yg luar biasa. Mungkin sulit untuk terulang lagi momentum yang persis sama seperti kejadian saat ini. Bukan kita sengaja, tapi merupakan Takdir dari Allah untuk umat muslim di Indonesia. Bersyukurlah, Indonesia menjadi tempat untuk mengukir sejarah ini.

Dampak yang sangat terasa sekali adalah umat muslim jadi peka terhadap konsep beragama yang baik dan benar, hal ini dibuktikan dengan banyaknya muncul unggahan-unggahan di medsos yang berkenaan dengan agama, ramainya situs yang berbasis Islami dikunjungi oleh pengguna media sosial, seolah-olah mereka haus akan informasi yang berbau Islami dan terus ingin belajar dan belajar.

Secara sadar ataupun tidak mempengaruhi cara pandang beragama, dan menambah wawasan dalam beragama yang selama ini agak jarang dimunculkan dan mungkin kurang peduli.

Dengan kata lain umat muslim “mendadak sadar beragama”, dan menurut saya hal ini sangat positif sekali.

Hal lain yang bisa dilihat adalah adanya banyak perubahan dalam menekuni, mendalami, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terasa sekali bahwa kesadaran itu muncul dan semakin hari semakin kuat dan menular kepada umat muslim yang lain. Dan ini sungguh luar biasa.

Dan yang paling bagus lagi adalah umat jadi bersatu dan bangkit bersama dalam upaya meningkatkan perekonomian. Siapa menyangka, bahwa geliat ekonomi yang berbasis jamaah bisa sehebat ini perkembangannya.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.