Selasa, 29 September 2020

Jaga Stabilitas, BI Bisa Tarik Uang Beredar

Jaga Stabilitas, BI Bisa Tarik Uang Beredar

Foto: Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada diskusi Dampak GWM Averaging dan Terhadap Likuiditas Perbankan dan Efektivitasnya kepada Kebijakan Moneter. (Iqlima/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Sudah menjadi tugas bank sentral untuk menjaga stabilitas keuangan, termasuk di dalamnya mencegah inflasi dengan cara mengendalikan uang beredar. 

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara menjelaskan dalam kondisi makro ekonomi nilai kurs akan berkualitas kalau inflasi terkendali, inflasi dapat terkendali jika ketersediaan barang dan jasa jumlahnya banyak, sampai ke pelosok Indonesia. 

“Inflasi bisa terkendali kalau jumlah barang dan jasa available sampai ke pelosok-pelosok,” kata Mirza, di Jakarta, Senin (3/7).

Salah satu cara mengendalikan inflasi adalah dengan menarik sejumlah uang yang beredar. Mirza menegaskan berdasarkan teori moneter inflasi bisa dikendalikan oleh quantity of money. Jika uang beredar terlalu banyak. Maka itu akan membuat harga barang dan jasa naik.

“Inflasi bisa dilakukan dengan menarik jumlah uang beredar. Jadi intinya pengendalian dari jumlah uang beredar itu adalah salah satu tools mengendalikan makro ekonomi,” tegas Mirza. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.