Senin, 28 September 2020

Kemenhub Berlakukan Penuh Tarif Baru Taksi Online

Kemenhub Berlakukan Penuh Tarif Baru Taksi Online

Foto: Kemenhub berlakukan penuh tarif taksi online. (rio/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, No. SK.3244/AJ.801/DJPD/2017, Tentang Tarif Batas Atas Dan Tarif Batas Bawah Angkutan Sewa Khusus, Senin (3/7).

Acara yang juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadhi dilaksanakan di Gedung Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dalam peraturan tersebut, tarif taksi online dibagi menjadi 2 Wilayah, yaitu Wilayah 1 untuk Sumatera, Jawa, Bali, dengan Tarif Bawah sebesar Rp. 3.500 dan Tarif Atas Rp. 6.000, lalu Wilayah 2, yaitu Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua adalah Rp. 3.700 untuk Tarif Bawah dan Rp. 6.500 untuk Tarif Atas.

Peraturan ini merujuk kepada Peraturan Menteri Perhubungan No. 26 Tahun 2017, Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek.

“Hal ini untuk menjaga kesetaraan tarif angkutan umum bagi penyedia jasa angkutan umum lainnya, karena perusahaan angkutan online tidak melakukan pembayaran pajak,” kata Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Hubdat Pitra Setiawan.

Menurutnya, koordinasi administrasi secara umum terkait dengan angkutan umum memang tidak dilakukan oleh para pengusaha taksi online, namun, lanjut Pitra, mereka hanya sebatas membayar pajak secara badan hukum, bukan secara keadministrasian angkutan umum.

Pitra juga mengatakan, penerapan tarif ini juga terkait dengan kenyamanan masyarakat untuk mendapatkan salah satu opsi dalam bertransportasi.

“Keselamatan penumpang menjadi salah satu tolak ukur pemberlakuan tarif ini,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang perbandingan keselamatan penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan bus umum, dan dengan maraknya pemberitaan bus yang kecelakaan dan memakan korban jiwa, Pak Pitra menyatakan bahwa, sanksi paling berat untuk PO yang terlibat adalah sampai pembekuan izin trayeknya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.