Jumat, 25 September 2020

Muslim Arbi: KPK, Dibenahi atau Dibubarkan?

Muslim Arbi: KPK, Dibenahi atau Dibubarkan?

Foto: Gedung Antirasuah. (Nael/swamedium)

Oleh: Muslim Arbi*

Mojokerto, Swamedium.com — Topik, catatan ini menarik untuk di bicarakan di ruang ini. Kenapa? Karena selama 15 tahun usia KPK sejak ada belum pernah di evaluasi keberadaan nya. Manfaat atau mudharat lembaga ad hoc ini. Publik perlu di beri tahu kinerja KPK selama 15 tahun ini. Apa saja capaiannya juga apa saja kelemahannya dan kekurangannya.

Dari sejarah kepemimpinan nya dapat direkam sejak lahir sampai saat ini. Sudah beberapa jilid kepemimpinan sejak era Antasari Azhar, Abraham Samad hingga Agus Raharjo. Prestasi KPK dalam tangani kasus2 Big Fish yang bernilai Triliunan sudah kah bisa tuntas? Atau kasus2 itu menjadi ajang tawar menawar dalam deal2 politik dan kekuasaan?

Sebut saja, Kasus-kasus seperti: BLBI, Century, Bustransjkt, mafia migas, Sumber Waras, Tanah Cengkareng, Taman BMW, Dana Ahok Center, Reklamasi dan Dana nya di pilgub, E-KTP, apakah KPK dapat bertindak secara profesional dan transparan? Adakah yg sdg dapat di tuntaskan KPK? Ataukah KPK malah sengaja menutupi kasus2 di atas karena mendapat tekanan dan pesanan pihak2 tertentu?

Bahkan belakangan KPK malah terlihat lakukan aksi Tricking dengan OTT terhadap kasus ecek-ecek yang bernilai jutaan rupiah? Padahal tindakan itu semacam lipstik saja sifatnya dibandingkan dengan misi besar yang harus diemban KPK.

Dan lebih miris lagi adalah dana yang di gunakan KPK untuk selamatkan keuangan negara jauh lebih besar dari dana yang seharusnya di selamatkan. Tidak kah ada unsur korupsi yang dilakukan oleh KPK dalam operasinya? Tidak kah KPK membebani keuangan Negara?

Lalu, kalau KPK sendiri Korupsi, siapa yang usut KPK? Sedangkan selama ini baru ada evaluasi atas kinerja KPK yang sekarang sedang diadakan oleh Pansus Angket KPK. Bahkan Hasil Audit BPK atas Keuangan KPK perlu dilakukan, karena menurut Prof Romli Atmakusumah, KPK dan Lembaga pegiat Anti Korupsi ICW ditengarai menerima dana asing.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.