Minggu, 20 September 2020

STNK Taksi Online Harus Balik Nama? Ini Penjelasan Kemenhub

STNK Taksi Online Harus Balik Nama? Ini Penjelasan Kemenhub

Foto: Spanduk larangan beroperasinya kendaraan berbasis aplikasi online di Jatinangor terpasang di depan Kampus Universitas Padjajaran. (avid Leonardo)

Jakarta, Swamedium.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memberlakukan Permenhub No 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek pada 1 Juli 2017.

Salah satu hal yang diatur dalam Permenhub itu adalah, pengemudi taksi online diwajibkan melakukan balik nama Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atas nama badan hukum atau perusahaan.

Kewajiban tersebut sudah pasti memberatkan para pengemudi taksi online, mengingat beberapa pengemudi taksi online adalah juga pemilik kendaraan. Bahkan, sebagian mereka bukan pengemudi yang bekerja secara penuh waktu. Lalu, bagaimana pemerintah menanggapi hal tersebut?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengakui, pihaknya menangkap rasa kekhawatiran dari para pengemudi taksi online mengenai kewajiban tersebut. Pasalnya, tak jarang pengemudi yang hanya bekerja paruh waktu (part time) sebagai pengemudi taksi online.

Sebab itu, pihaknya mewajibkan balik nama setelah masa berlaku STNK habis atau selama lima tahun. Jadi, jika mobil dan STNK baru dimiliki selama satu tahun maka pengemudi memiliki masa waktu empat tahun sebelum dijatuhkan kewajiban balik nama.

“Jadi, nanti tidak serta merta balik nama. Kalau punya mobil baru dua tahun beli berarti baru. Tiga tahun kemudian dia habis masa STNK nya, di situlah dia balik nama atas nama badan hukum. Kekhawatiran kalau sewaktu-waktu tidak usaha taksi online, dia satu tahun kemudian sudah tidak usaha lagi berarti dia tidak perlu balik nama. Sehingga, tidak masalah bagi yang part time atau iseng,” kata dia di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (3/7).

Tak hanya soal menjadi pengemudi penuh atau paruh waktu, pengemudi juga khawatir jika di kemudian hari terjadi konflik dengan perusahaan dan pada akhirnya STNK akan ditarik perusahaan.

Pages: 1 2

Related posts

1 Comment

  1. Abu Agiel

    Peraturan yang tidak jelas, balik nama STNK ke Perusahaan atau badan hukum saat ganti STNK yang 5 tahun, sementara aturan perusahaan taksi online, usia kendaraan yang boleh di gunakan max 5 tahun.

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.