Rabu, 30 September 2020

Fakta Lalu Lintas Jalan di Indonesia Saat Ini

Fakta Lalu Lintas Jalan di Indonesia Saat Ini

Foto: Road Safety Association. (dok. RSA)

Oleh: Rio Octaviano*

Jakarta, Swamedium.com — Pelanggaran lalu lintas jalan tidak pernah surut menjadi bahan pembicaraan. Bahkan menurut data tahun 2015, ada 3 nyawa hilang per satu jam akibat kecelakaan lalu lintas.

Tapi herannya, data kecelakaan lalu lintas ini sangat sulit diakses secara online, sehingga untuk mencari informasi harus langsung ke Korlantas Polri.

Hal ini menguatkan dugaan kita, bahwa pemerintah memang tidak pernah serius dalam menangani urusan kecelakaan lalu lintas.

Memang banyak faktor yang harus kita perhatikan, sedangkan menurut pandangan LSM Keselamatan Jalan, Road Safety Association, bahwa fenomena laka lantas ini dibagi menjadi 2 aspek, yaitu di dalam aspek manajemen negara, dan aspek pengguna jalannya.

Dalam manajemen negara, sampai saat ini, pemerintah dinilai masih tidak memiliki keseriusan, siapa yang akan mengkoordinir kasus kecelakaan lalu lintas. Sedangkan di dalam UU Lalu Lintas Jalan, urusan lalu lintas ini diurusi oleh banyak pemangku kebijakan, dalam hal ini Kementerian, dan tanpa koordinasi terpusat. Pada 2012 lalu, Wakil Presiden RI telah meresmikan Dekade Aksi Keselamatan Jalan, hanya saja, sampai saat ini tidak ada kelanjutannya.

Tanpa mengurangi rasa prihatin dan simpati kepada para korban, kita tahu, dalam menanggulangi masalah terorisme, pemerintah mengeluarkan anggaran belanja negara untuk membentuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), lalu untuk Narkoba, pemerintah membentuk Badan Narkotika Nasional (BNN), dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk Bencana Alam. Pertanyaan terbesarnya, diantara Badan yang dibentuk pemerintah tersebut, adakah yang menghilangkan 3 nyawa per jam?

Bahkan yang sangat fenomenal saat ini, Pemerintah juga membentuk Badan yang menangani masalah pemahaman ideologi Pancasila.

Pada 2009 lalu, Wakil Presiden sebagai Kepala UKP Keselamatan Jalan telah disurati oleh Road Safety Association, dan mereka memberikan disposisi, ke Kementerian Perhubungan, hal ini memperkuat bahwa pemerintah memang belum mengetahui apa yang sebetulnya terjadi terhadap keselamatan jalan ini.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.