Kamis, 24 September 2020

Temui BPK, Pansus Angket Kantongi Audit Keuangan KPK

Temui BPK, Pansus Angket Kantongi Audit Keuangan KPK

Foto: Penyerahan laporan keuangan dan hasil audit KPK oleh Ketua BPK kepada Ketua Pansus Angket KPK. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara menyerahkan hasil audit laporan keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada DPR melalui Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK.

Penyerahan audit laporan keuangan itu dilakukan di kantor BPK, Jakarta usai BPK dan Pansus Angket KPK melakukan pertemuan selama empat jam yang dimulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Adapun, hasil audit yang diserahkan BPK adalah untuk laporan keuangan sejak 2006 hingga 2016.

“Laporan keuangan (KPK) kita serahkan dari tahun 2006 sampai 2016, temuan dalam laporan sudah lama terbitnya sampai posisi 2016,” ujar Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Selasa (4/7).

Sementara Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar menjelaskan maksud pihaknya meminta laporan keuangan KPK adalah untuk mengetahui pertanggungjawaban KPK sejak didirikan sebagai lembaga hukum negara.

“Meminta proses audit, pengelolaan dan pertanggung jawaban sejak KPK berdiri, sejauh mana, dan KPK nya seperti apa,” ungkap Agun

Menurutnya, melalui laporan keuangan KPK, Pansus Angket bisa menilai kinerja lembaga hukum anti rasuah itu.

“Penanganan terkait pengelolaan keuangannya dan lainnya. Sampai pada kinerja, ada relevansi tugas pokok dan fungsi, tugas koordinasi, supervisi, penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan,” pungkas Agun. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.