Sabtu, 12 September 2020

Jasa Marga Jaminkan Sebagian Tol Demi Ekspansi Usaha

Jasa Marga Jaminkan Sebagian Tol Demi Ekspansi Usaha

Jakarta, Swamedium.com – PT Jasa Marga Tbk tahun ini membutuhkan dana Rp 18 triliun untuk pengembangan bisnisnya. Dana tersebut, sebesar Rp2 triliun akan diperoleh melalui sekuritisasi aset atau menerbitkan surat berharga dengan jaminan aset dengan skema Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA).Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) akan menjadi aset yang dijaminkan oleh perusahaan

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal menjelaskan pihaknya membutuhkan dana sebesar Rp18 triliun tahun ini. Dana tersebut, menurut dia, akan disalurkan pada anak usaha untuk keperluan ekspansi sebesar Rp11 triliun dan sisanya digunakan Jasa Marga sendiri. Untuk itu, perusahaan akan kembali melakukan aksi korporasi setelah sekuritisasi aset ini dilakukan.

“Kombinasi, Rp7 triliun totalnya. Nah, Rp2 triliun dari sekuritisasi, nanti Rp5 triliun dari bank, obligasi konvensional, dan sukuk. Kami sudah ada dari bank domestik dan regional, kapan saja bisa kami tarik, papar Donny yang dikutip cnnindonesia.com, Rabu (5/6).

Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) akan menjadi aset yang disekuritisasi oleh perusahaan. Adapun target dana tersebut, menurut dia, akan disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tahap pertama sebesar Rp2 triliun.

Saat ini, pihaknya tengah memproses rencana penerbitan dari KIK-EBA pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Manajemen sendiri menargetkan dapat mengantongi izin efektif dari OJK paling lambat diberikan bulan ini.

Sementara itu, perusahaan sudah melakukan sosialisasi kepada investor sebelum Lebaran kemarin. Donny pun mengklaim, pihaknya mendapatkan respon positif dari investor. Dengan demikian, KIK-EBA yang diterbitkan nantinya akan diserap oleh investor.

“Kami lagi tunggu surat konfirmasi dari pajak mengenai pajak yang akan dibebankan. Kalau sudah clear, kami siap rilis,” sambung Donny.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sekuritisasi aset ini memiliki jangka waktu lima tahun. Adapun dalam rentang waktu tersebut, pendapatan tol Jagorawi ditaksir mencapai Rp4 triliun.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.