Jumat, 25 September 2020

Negara di Jurang Krisis, Jokowi Sebaiknya Menyerah

Negara di Jurang Krisis, Jokowi Sebaiknya Menyerah

Oleh: Ferdinand Hutahaean*

Jakarta, Swamedium.com — Rasanya tak percaya dan tidak bisa menerima kenyataan Bangsa saat ini di tengah menuju 3 tahun pemerintahan Jokowi sebagai Presiden. Kondisi Ekonomi, Politik dan Hukum rasanya berjalan seperti orang yang mabuk berat.

Sempoyongan, terhuyung-huyung ke kiri ke kanan, sesekali terjerembab jatuh, bangkit lagi sempoyongan dan jatuh lagi. Meski terus bergerak tapi entah kapan akan sampai di tujuan tidak ada yang tahu, karena tujuannya sendiri ke arah mana juga tidak jelas.

Tujuannya hanya kata pulang ke rumah, meski rumahnya dimana sang mabuk pun tidak tahu jalannya. Hanya berjalan, bergerak sempoyongan tanpa arah, dan mungkin saja akan terjerembab di comberan pinggir jalan tanpa bisa bangkit lagi sampai pada akhirnya sang mabuk sadar, atau di tolong pihak lain.

Itulah analogi kondisi bangsa yang saat ini ada dalam pikiran saya. Mudah-mudahan Saya tidak berlebihan mengnalogikan kondisi ini.

Apakah analogi Saya berlebihan? Mari kita bahas secara singkat terkait Ekonomi, Politik dan Hukum. 3 pilar utama tegak berdirinya sebuah negara.

Pertama tentang Ekonomi. Saya tidak akan menyuguhkan data-data dan bukti dalam tulisan ini, namun saya hanya menyampaikan beberapa pokok masalah yang sudah diketahui publik dari pemberitaan media-media kelas menengah dan kecil, karena media-media besar selalu menutupinya dengan berita tentang Kodok, Biawak, Kambing dan Gorilla. Meski dua hari terakhir akhirnya media mainstream tersebut tak kuasa menutupi fakta lapangan tentang ekonomi yang sempoyongan.

Utang negara semakin menggunung dan naik drastis dalam 2,5 tahun Jokowi melampui total hutang 10 tahun SBY atau 32 tahun Soeharto. Namun utang tersebut entah apa dampaknya sekarang terhadap pertumbuhan ekonomi, karena ternyata pertumbuhan ekonomi turun 1 poin dari era SBY yang berada diangka 6,49% dan sekarang hanya berkisar 5,1%.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.