Selasa, 22 September 2020

ILUNI UI Dukung Evaluasi Total Terhadap KPK

ILUNI UI Dukung Evaluasi Total Terhadap KPK

Foto: Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. (Nael/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Ikatan Alumni UI (ILUNI UI) berpendapat, saat ini korupsi telah menjadi kejahatan luar biasa. Dalam memberantas kejahatan luar biasa itu harus dengan cara-cara yang adil dan beradab sesuai dengan Konstitusi Negara Republik Indonesia.

ILUNI UI menilai, memang sejak KPK lahir, Pemerintah Indonesia telah berhasil melakukan tindakan penangkapan dan memenjarakan para koruptor. Namun hal itu justru menjadi tanda tanya ILUNI UI, apakah KPK sudah bekerja sesuai dengan konstitusi dan Undang-undang yang berlaku?

“Terlihat KPK menjadi lembaga superbody yang tidak ada pengawasan. Di samping itu juga kasus-kasus mega korupsi tidak disentuh oleh KPK seperti BLBI, Bank Century, termasuk juga kasus RS Sumber Waras dan Reklamasi teluk Jakarta,” kata Ketua ILUNI UI R Achmad Ismail Soeriokoesoemo melalui rilisnya, Kamis (6/7).

Karena itu, ILUNI UI sangat mendukung dibentuknya Pansus Angket KPK oleh DPR sebagai upaya para wakil rakyat untuk mengevaluasi kinerja KPK selama ini.

”Mendukung untuk melakukan evaluasi total terhadap kinerja KPK yang dilakukan oleh DPR melalui hak angketnya,” jelas Ismail.

Setelah dilakukan evaluasi total, kata Ismail, harus ditindaklanjuti dengan pengawasan berkala. Langkah tersebut, lanjut dia, akan lebih memperkuat KPK agar tidak disalahgunakan oleh kekuasaan.

“KPK bukan lembaga kebal hukum. Lembaga ini harus mempertanggungjawabkan kinerjanya secara berkala kepada publik. Audit Kinerja KPK oleh BPK harus dilakukan,” pungkas Ismail.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.