Minggu, 27 September 2020

Ini Alasan Pansus Angket KPK Temui Terpidana Korupsi

Ini Alasan Pansus Angket KPK Temui Terpidana Korupsi

Foto: Pimpinan Pansus angket KPK. (Kompascom)

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agun Gunandjar menjelaskan alasan kunjungan pihaknya ke sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) untuk menemui terpidana kasus korupsi, bertujuan untuk memastikan hak-hak mereka tidak dilanggar selama menjalani proses pidana.

“Kami akan ketemu dengan mereka. Pansus ini ingin membangun konsepsi penegakan hukum yang menjamin HAM,” kata Agun usai rapat konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), seperti dilansir Republika, Selasa (4/7) lalu.

“Apakah ada di antara mereka, selama proses atau menjalani pidana, hak-haknya dianiaya,” imbuhnya.

Agun juga menegaskan, pihaknya tidak ada sedikitpun niat untuk mengubah putusan pengadilan.

Rencananya, kunjungan itu akan dilakukan pada hari ini, Kamis (6/7), namun, hingga saat ini belum terkonfirmasi apakah surat permohonan kunjungan dari Pansus sudah diterima oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Lebih lanjut Agun mengatakan, apa yang dilakukan oleh Pansus ini semacam “review menyeluruh” terhadap eksistensi KPK selama ini. Maka dari itu, lanjut dia, Pansus ingin mengetahui sebenarnya berapa orang yang sudah menjalani pidana sejak KPK berdiri.

Selain itu, kata Agun, Pansus juga ingin mengetahui kewajiban yang dibayarkan oleh para terpidana untuk sanksi pidana subsider.

“Kami juga ingin tahu apakah mereka yang sudah dibebaskan itu sudah membayar kewajiban. Kalau sudah dibayarkan, uangnya di mana, penyetorannya seperti apa, teknisnya seperti apa,” ucap Agun. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.