Jumat, 25 September 2020

Target Negosiasi Kontrak Freeport Selesai Akhir Juli

Target Negosiasi Kontrak Freeport Selesai Akhir Juli

Jakarta, Swamedium.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Menteri ESDM) Ignatius Jonan menargetkan negosiasi kontrak dengan PT Freeport Indonesia selesai selambatnya pada akhir Juli ini atau lebih cepat dari target Kementerian ESDM yang semula Oktober. Percepatan negosiasi itu diduga ada korelasinya dengan kunjungan mantan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia.

Kementerian ESDM semula menargetkan negosiasi kontrak selesai Oktober, namun Menteri ESDM menginginkan negosiasi kontraknya selesai akhir Juli ini.

“Waktu awal saya targetkan dua bulan, berarti mestinya sebelum akhir Juli. Karena saya bilang kalau bisa selesai lebih cepat lebih baik,” kata Jonan saat ditemui usai acara halal bihalal sektor ESDM di Kantornya, Jakarta yang dikutip media, Rabu (5/7).

Pemerintah, lanjut Jonan, saat ini tengah berkoordinasi perihal aspek fiskal dan kemarin, sudah diadakan pertemuan di kantor Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sementara itu, pengamat ekonomi energi dari UGM Fahmy Radhi percaya kasak-kusuk’ pembahasan Freeport oleh enam Menteri Kabinet Keja setelah libur lebaran itu ada korelasinya dengan kunjungan liburan mantan Presiden AS Barrack Obama ke Indonesia.

Fahmy menyakini kunjungan Obama di sini bukan liburan biasa, namun mengemban misi khusus untuk melobi pemerintah Indonesia terkait negosiasi kontrak Freeport yang berjalan alot.

Sebagai Broker

Menurut Fahmy, sangat rasional apabila Obama bertindak sebagai ‘broker’ tatkala bertemu dengan Presiden Joko-Widodo, yang kemudian mengintervensi agar memuluskan bisnis pertambangan yang ada di Papua Indonesian.

Selama ini, papar dia, perusahaan pertambangan asal AS, Exxon Mobile dan Freeport itu selalu menggunakan kekuatan lobby pemerintah, mulai dari presiden dan wakil serta menteri luar negeri AS sampai mantan presiden AS, untuk menekan Indonesia dalam perudingan Migas.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.