Jumat, 02 Oktober 2020

Upayakan Distribusi Produktif, Baznas Salurkan Zakat Perusahaan Ke Warung Kelontong

Upayakan Distribusi Produktif, Baznas Salurkan Zakat Perusahaan Ke Warung Kelontong

Foto: Baznas salurkan zakat perusahaan ke warung kelontong. (Iqlima/swamedium)

Bogor, Swamedium.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan kepada warung-warung kecil di pelosok daerah dari dana zakat perusahaan. Hal tersebut merupakan upaya Baznas untuk menghidupkan UMKM yang mulai digerus perkembangan ritel modern.

Kali ini bantuan disalurkan untuk operasional Z Mart, yaitu warung kelontong kecil milik warga dhuafa di Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Kamis (6/7). Direktur Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan bantuan yang disalurkan hari ini merupakan awal atau percobaan. Targetnya ia ingin menyalurkan ratusan dana zakat untuk kepentingan ekonomi kecil.

“Ini masih percontohan. Targetnya ada ratusan, sekarang masih ada 8 warung yang kami biayai di Jabodetabek,” jelas Arifin.

Sebagai perusahaan yang dana zakatnya dialokasikan untuk kepentingan ekonomi dhuafa, Perusahaan Penjaminan Jamkrindo Syariah menilai Baznas adalah lembaga yang dapat dipercaya dalam mengelola zakat perusahaan.

“Zakat punya ketentuan yang tidak boleh dilanggar. Daripada keliru, serahkan ke Baznas. Kalau penyaluran zakat dilakukan ke lembaga yang diakui pemerintah, zakat bisa jadi pengurang pendapatan kena zakat perusahaan. Itu sudah ada ketentuannya,” jelas Direktur Keuangan Jamkrindo Syariah, Endang Sri Winarni.

Alokasi pembiayaan Baznas dari zakat perusahaan untuk UMKM yaitu Rp 8,5 juta. Dana tersebut biasanya digunakan untuk membiayai kios dan sarana pendukung untuk menunjang keperluan penjualan.

“Kalau Z Mart ini kita biayai untuk sewa tempat dan beberapa perbaikan di tempat nya,” kata Arifin.

Arifin menambahkan, tak hanya dana, Baznas juga akan melakukan pendampingan sebagai fungsi monitoring.

“Pendampingannya bisa terintegrasi selama mereka mustahiq,” jelasnya. (Ima)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.