Rabu, 30 September 2020

India Negara Terbanyak Tragedi Kematian akibat Swafoto

India Negara Terbanyak Tragedi Kematian akibat Swafoto

Foto: Hati-hati saat swafoto, dalam kurun waktu 2 tahun telah terjadi 174 kematian akibat swafoto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Kecanggihan gawai dengan teknologi fotografinya, membuat banyak pemilik melakukan swafoto atau selfi. Namun banyak pelaku swafoto mengabaikan keselamatannya untuk mendapatkan foto terbaik.

Studi dari Carnegie Mellon University menyebutkan ada 127 kematian di seluruh dunia yang terjadi saat pengambilan swafoto dalam kurun waktu Maret 2014 hingga September 2016. Sebanyak 60 persen atau 76 kasus dari kematian itu terjadi di India.

Banyaknya kematian akibat swafoto di India itu membuat pemerintah kota Mumbai menetapkan 15 tempat berbahaya untuk berswafoto. Sebagian besar zona bebas swafoto itu ada di tepi laut.

Polisi telah memasang peringatan untuk para pengunjung tentang bahaya swafoto di sana dan mengirim petugas tambahan untuk patroli. Meski demikian, dua orang meninggal dunia saat mengambil foto narsis di tepi laut Mumbai sejak Mei 2017 ini.

Hasil penelitian itu juga mengungkap 70 persen mereka yang tewas akibat swafoto itu adalah pria muda dibawah usia 24 tahun.

Negara-negara lain juga sudah mengeluarkan peringatan bahaya swafoto untuk para warganya.

Dikutip antaranews, pada 2015, polisi Rusia membuat kampanye “swafoto aman” yang memperingatkan orang-orang bahwa “swafoto keren bisa merenggut nyawa”. Kroasia menulis tweet bahwa turis harus “berhenti membuat swafoto bodoh yang berbahaya.” (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.