Selasa, 22 September 2020

Ternyata, Hobi Unggah Foto di Media Sosial Tak Buruk

Ternyata, Hobi Unggah Foto di Media Sosial Tak Buruk

Jakarta, Swamedium.com – Kata orang sekarang, everything happens for a reason atau segala sesuatu kejadian itu pasti ada alasannya. Begitupun dengan kegemaran orang berbagai info atau pengalaman lewat foto-foto yang diunggah di media sosial. Ini positif kah?

Banyak alasan orang menggugah foto di Instagram, Facebook, Twitter hingga Line, antara lain bertukar kabar, berbagi pengalaman, berbagi cerita, bahkan mungkin ‘pamer.’ Terlepas semua motif itu, membagi foto di media sosial ternyata juga punya manfaat positif.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Psychological Science yang dirilis Nova.id, ditemukan bahwa merekam momen penting melalui foto dan mengunggahnya ke media sosial bisa membantu kita mengingat berbagai pengalaman dengan mudah.

Menariknya, hasil penelitian ini berbanding terbalik dengan penelitian sebelumnya, di mana ditemukan bahwa foto-foto yang diunggah ke media sosial justru bisa merusak memori kita.

Penelitian yang dilakukan pada 2013 di Fairfield University menemukan bahwa orang yang mengunggah foto dengan objek apapun ke media sosial, mereka justru tak mudah mengingat momen tersebut.

Linda Henkel, salah satu peneliti yang melakukan riset tersebut menyebutkan bahwa orang cenderung fokus pada bagaimana mereka mengambil gambar yang bagus, dan tak begitu memperhatikan apa yang di depan mereka.

Sementara itu, menurut Science Daily, para peneliti menemukan bahwa seseorang yang sering mengabadikan momen melalui foto justru akan lebih mengingat segala detail terkait objek yang mereka abadikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University pada 2016 menyebutkan, mengunggah foto-foto keseharian kita ke media sosial akan memudahkan ingatan kita pada berbagai momen. Selain itu, ditemukan bahwa keterkaitan emosional pada suatu momen pun lebih mudah diingat melalui foto-foto tersebut.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.