Kamis, 17 September 2020

Terungkap, Alasan Sebenarnya Polisi Tak Proses Laporan Terhadap Kaesang

Terungkap, Alasan Sebenarnya Polisi Tak Proses Laporan Terhadap Kaesang

Foto: Kadiv. Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Prayoga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah memutuskan tidak memproses laporan Muhammad Hidayat terhadap Kaesang Pangarep. Polri menilai laporan itu sarat dengan kepentingan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengungkapkan, Hidayat sudah sering melaporkan sejumlah pejabat ke Polres Metro Kota Bekasi. Dalam tahun ini, tercatat ada 60 laporan yang disampaikan Hidayat. Bahkan, ia menduga laporan-laporan tersebut dilakukan sebagai modus pemerasan.

“(Hidayat) sudah buat 60 laporan, dia rata-rata melaporkan pejabat di Bekasi. Nanti didatangi bahwa ini saya sudah laporan loh. Ujung-ujungnya ke arah situ (pemerasan),” kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (7/7).

Menurut Setyo, Hidayat berbuat itu untuk menakut-nakuti pihak terlapor. Namun, lanjut Setyo, sebagian besar laporan yang dibuat Hidayat seringkali tidak ditindaklanjuti polisi. Ada pun alasannya, karena laporan tidak memenuhi unsur pidana dan seringkali pelapor tidak hadir jika dimintai keterangan.

“Yang begini begini kami nggak bisa layani, habis waktu kami nanti. (Urusan) yang lain masih banyak. Masih banyak masalah lain yang perlu kami tangani lebih intens,” kilah Setyo seperti dikutip Jpnn.

Ia juga mengulang pernyataan Polres Metro Bekasi, bahwa ada pertimbangan lain yang membuat polisi tidak menindaklanjuti laporan tersebut, yakni Hidayat masih berstatus tersangka dalam kasus yang sama terhadap Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan.

“Pertimbangannya juga kita lihat yang melapor. Kredibilitasnya meyakinkan atau tidak. Ini pelapor kredibilitasnya tidak meyakinkan, ternyata statusnya juga tersangka dan masih penangguhan,” tukas Setyo. (ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.