Senin, 26 Juli 2021

Berkat Foto-foto Mereka Diketahui Ada Tempat Cantik di Riau

Berkat Foto-foto Mereka Diketahui Ada Tempat Cantik di Riau

Foto: Aryandi saat berada di Sungai Gulamo, Danau Koto Panjang Desa Tanjung Alai XIII Koto Kampar, Kab.Kampar, Riau. (ist)

Pekanbaru, Swamedium.com — Belakangan ini bermunculan tempat-tempat wisata baru di Riau. Nama dan lokasinya sangat asing bagi traveller, karena belum terdaftar di obyek wisata Riau. Namun foto-fotonya sangat eksotis dan mengundang decak kagum semua orang yang melihatnya.

Banner Iklan Swamedium

Dibanding provinsi tetangganya, Sumatera Barat, Riau kalah jauh dengan hingar bingar pariwisata. Namun berkat petualangan sejumlah anak muda yang tergabung dalam Komunitas Explore Wisata Riau Community diketahui Riau punya potensi wisata yang tidak kalah menariknya.

Berkat foto-foto yang diunggah di media sosial mereka, diketahui ada lokasi Sungai Gulamo, Sungai Subayang, Air terjun Batu Dinding di Kabupaten Kampar juga ada wisata pemandangan Ulu Kasok di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar yang mirip dengan Raja Ampat di Papua. di Kabupaten Kampar, Air Terjun Pati Sony, Air Terjun Dangku, dan Air Terjun Lubuk Kula di Kabupaten Kuantan Singingi.


Foto: Pemandangan yang mirip Raja Ampat dari Ulu Kasok, Desa Pulau Gadang, Koto Kampar (ist)

Salah seorang anggota komunitas, Egri Dwi Putra menyebutkan Riau memiliki banyak pemandangan alam menakjubkan yang bisa dijadikan destinasi wisata.

“Sayangnya, lokasi ini belum terpublikasi dengan baik. Terpanggil sebagai putra Riau kami kemudian mengexplor potensi wisata itu lewat media sosial yang kami miliki di facebook dan instagram,” ujarnya seperti dikutip tribunnews, Sabtu (8/7).

“Hingga saat ini saya lebih banyak mengexplor wisata air terjun dan sungai. Ada air terjun di Kuantan Singingi, di antaranya Pati Sony, Air Terjun Dangku, dan Air Terjun Lubuk Kula. Ada pula di Kampar di antaranya, air terjun Batu Dinding dan Sungai Subayang,” ucapnya.

Harapan Egri, setelah mereka mempromosikan di media sosial, pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan pemerintah provinsi dan kabupaten bisa menindaklanjuti untuk pengembangannya.

Anak muda lainnya yang suka menelusuri wisata Riau adalah Nur Isnaini Abidi. Tujuannya menelusuri wisata Riau untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Riau. Selain itu dia punya keinginan ikut meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan wisata tersebut.

“Saya baru mengexplor satu wisata Riau yakni Sungai Subayang. Sungai yang airnya bagus dan memiliki air terjun yang indah beserta penduduk yang ramah. Saya pastinya berfoto ria di sana, dan hasil jepretan saya itu saya upload di Instagram. Hal ini saya lakukan supaya warga Riau tahu bahwa Riu memiliki alam yang indah untuk dikunjungi,” kata Ilfauzi.

Foto: Air Terjun Dangku di Kabupate Kuansing, Riau (ist)

Menurut Ilfauzi tempat-tempat wisata di Riau yang belum ter-explor selama ini memiliki ciri khas. Diantaranya, masih alami.

Sementara Aryandi menyebutkan dari explore mereka itu ternyata obyek wisata Riau tidak kalah indahnya dengan objek wisata daerah lain ataupun luar negeri. Seperti pemandangan Ulu Kasok di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, lokasinya tidak jauh dari PTA Koto Panjang.

“Pemandangan dari atasnya mirip dengan Raja Ampat di Papua,” ungkap Aryandi.

Kemudian, Sungai Gulamo di Danau Koto Panjang Desa Tanjung Alai XIII Koto Kampar. Kondisi alam sungai ini menyerupai Green Canyon Ciamis Jawa barat (Cukang Taneuh) dan Grand Canyon Colorado Amerika.

“Wisata yang sudah saya explor di antaranya, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata budaya.

Wisata alam, ada Ulu Kasok, Gulamo, Sungai Subayang, Pantai Selat Baru, Guruh Gemurai, Kuala Terusan Pelalawan, Danau Khayangan, dan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, Aryandi juga mengenalkan wisata kuliner Riau, diantaranya ada Lopek Bugi, Galopuang, Ghinjam, Lempok Durian dan lainnya. Wisata budaya, ada perayaan Hari Raya Adat di Kecamatan Gunung Sahilan, mengunjungi Rumah Bendang, Pacu Jalur, Muara Takus.

“Selain itu, Saya juga ada gerai wisata yang berisi koleksi baju wisata khas Riau yang dinamai “Seronok”. Walaupun baru memulai namun impian dan tekat saya, melalui baju bisa mengenalkan seluruh wisata yang dimiliki Riau,” ungkap Aryandi. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita